HUT Ke-20, PIPAS Sulteng Laksanakan Kunjungan Kasih Temui WBP Lapas Perempuan Palu

HUT Ke-20, PIPAS Sulteng Laksanakan Kunjungan Kasih Temui WBP Lapas Perempuan Palu

06 Februari 2024, 12:47
Bangkapost - Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Sulawesi Tengah melaksanakan kunjungan kasih menemui Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Khusus Perempuan (LPP) Kelas III Palu, Selasa, (6/2/2024) pagi.

Kunjungan kasih tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, yang tujuannya sendiri adalah untuk merefleksikan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 PIPAS yang diketahui merupakan persatuan ibu-ibu pemasyarakatan baik istri maupun petugas.

Dalam kesempatan itu, para pengurus maupun anggota PIPAS Sulteng yang tersebar dari satuan kerja pemasyarakatan se-Kota Palu, Sigi dan Donggala menyerahkan berbagai paket bantuan kepada beberapa kelompok WBP Lapas Perempuan seperti kelompok WBP Lansia, WBP yang tidak pernah mendapat kunjungan, WBP Anak hingga para balita yang mesti mengikuti ibunya didalam Lapas.

“Ini jadi salah satu upaya kita menyemarakkan HUT PIPAS Ke-20, dari Lansia, WBP yang tidak pernah mendapat kunjungan, hingga WBP Anak kita beri sedikit bantuan, semoga saja bermanfaat,” kata Herlina, salah satu pengurus PIPAS Sulteng.

Rombongan PIPAS Sulteng disambut langsung oleh Kepala Lapas Perempuan Palu, Nur Mustafidah beserta jajarannya, Nur mengungkapkan kesyukurannya atas berbagai perhatian yang diberikan oleh jajaran PIPAS Sulteng kepada WBP Lapas Perempuan Palu.

“Sangat bersyukur bisa mendapat kunjungan oleh PIPAS Sulteng yang sudah kedua kali di awal tahun ini. Tentu, kita juga berharap agar para WBP kita dapat lebih semangat lagi menjalani masa pembinaannya disini,” sambutnya.

Suasana haru dan kekeluargaan pun tercipta saat jajaran PIPAS berdialog bersama para WBP Perempuan, R salah satu WBP turut merasa bahagia atas kegiatan tersebut, meski tidak pernah mendapat kunjungan, ia menyebut suasana nyaman dan perlakuan baik para petugas didalam Lapas menjadi hal yang ia syukuri.

“Kita juga nyaman disini, benar-benar serius menjalani setiap program pembinaan yang diberi, semoga saja bisa jadi lebih baik dari sebelumnya lagi,” imbuhnya.

Pada momentum HUT Ke-20 tahun 2024 kali ini, PIPAS mengusung tema “PIPAS Berdikari Berperan Aktif Meningkatkan Potensi Keluarga yang Tangguh, Kreatif, Produktif untuk Pemasyarakatan Maju”, tema itu pun diharapkan menjadi pendorong semangat seluruh jajaran PIPAS dalam menunaikan tugas dan fungsinya.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

TerPopuler