Libatkan Forkopimda, FKUB Hingga Penyandang Disabilitas Kota Palu, Persekutuan Oikumene Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Perayaan Natal 2023

Libatkan Forkopimda, FKUB Hingga Penyandang Disabilitas Kota Palu, Persekutuan Oikumene Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Perayaan Natal 2023

19 Desember 2023, 08:45
Bangkapost - Persekutuan Oikumene Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) gelar perayaan Natal tahun 2023 dengan turut melibatkan berbagai Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulteng, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan para penyandang disabilitas di Kota Palu, Senin, (18/12/2023) malam.

Mengusung tema “Menjadi ASN Berdampak Baik dan Terang Kristus Dalam Lingkup Pekerjaan”, kegiatan yang digelar di Milenium Waterpark Kota Palu tersebut sukses terselenggara dengan penuh suka cita dan kehangatan.

Hal tersebut terlihat saat seluruh peserta yang bukan hanya berasal dari persatuan Warga Kristen Pengayoman (WKP) saja, namun turut berasal dari berbagai elemen lintas agama dan kemasyarakatan di Kota Palu.

Peringatan itu pun dinilai memberi dampak positif bagi persatuan dan kesatuan di Sulawesi Tengah. Tidak terkecuali, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar yang mengungkapkan kekagumannya saat menghadiri secara langsung perayaan tersebut.

Ia menjelaskan bahwa sesuai dengan tema yang diangkat, momentum perayaan natal di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng mesti menjadi dorongan untuk memberikan kontribusi aktif dalam kemajuan bangsa dan negara.

“Kita berharap agar momentum ini menjadi motivasi untuk kita memberikan kinerja yang berdampak, bukan hanya untuk Kemenkumham namun mesti berdampak baik untuk masyarakat,” pesan Kakanwil Hermansyah.

Didampingi oleh para Kepala Divisi, Pejabat Administrator dan Pengawas, Para Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Keimigrasian serta segenap pengurus WKP Sulteng, ia pun sangat bersyukur atas keterlibatan dari berbagai elemen masyarakat. 

“Kagum dan bersyukur yaa, kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai masyarakat, artinya apa? tidak melihat siapa, tidak melihat agama apa, ini menunjukan bahwa kerukunan umat beragama disini cukup baik, dan hal ini mesti terus kita dorong dan pertahankan bersama,” tambahnya.

Berbagai panti asuhan, hingga para penyandang disabilitas yang berasal dari Rumah Merah Putih asuhan dari Wijaya Chandra yang juga merupakan pemilik tempat perayaan pun turut menyenandungkan berbagai puji-pujian yang makin menambah suasana bahagia saat itu.

“Kami sangat bahagia juga, bahwa jajaran begitu memberi kasih sayang kepada anak-anak kita dari berbagai panti asuhan hingga penyandang disabilitas, inilah hak mereka juga, inilah bentuk persatuan yang nyata. Ini harus kita pertahankan bahkan harus kita gaungkan kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Revanda Bangun, Kepala LPKA Palu yang juga ketua panitia perayaan natal juga mengaku bersyukur atas keterlibatan berbagai pihak dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Ia menyebut bahwa suksesnya kegiatan adalah bentuk solidaritas dari seluruh pemeluk agama di lingkungan Kemenkumham Sulteng.

“Yang mau kami tegaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas solidaritas dari seluruh umat beragama di Kemenkumham Sulteng. Dari pemeluk kepercayaan Budha, Hindu hingga Islam bersatu padu disini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil, Kepala Divisi Administrasi, Raymond JH. Takasenseran dan Kepala LPKA Palu pun turut memberikan bantuan pembinaan kepada komunitas, panti asuhan hingga para anak-anak penyandang disabilitas.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

TerPopuler