Kakanwil Kemenkumham Sulteng Beri Penguatan Tugas dan Fungsi pada Jajaran Lapas Ampana serta Apresiasi Penggagalan Penyelundupan Narkoba

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Beri Penguatan Tugas dan Fungsi pada Jajaran Lapas Ampana serta Apresiasi Penggagalan Penyelundupan Narkoba

01 Juni 2024, 15:40
Bangkapost - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, memberikan penguatan tugas dan fungsi kepada jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ampana. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja petugas pemasyarakatan dalam menjalankan tugas mereka dengan lebih efektif dan profesional.

Dalam sambutannya, Hermansyah menekankan pentingnya peran petugas pemasyarakatan "Sebagai petugas pemasyarakatan, kalian memiliki tanggung jawab besar dalam membina dan merehabilitasi narapidana. Tugas ini tidak hanya memerlukan dedikasi tinggi, tetapi juga pemahaman yang mendalam tentang tugas dan fungsi masing-masing," ujar Hermansyah.

Hermansyah juga menyampaikan beberapa poin penting terkait tugas dan fungsi petugas pemasyarakatan, di antaranya adalah:

  1. Profesionalisme dan Integritas: Petugas pemasyarakatan harus selalu menjaga profesionalisme dan integritas dalam setiap tindakan dan keputusan. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan baik dari narapidana maupun masyarakat luas.
  2. Pembinaan dan Rehabilitasi: Fokus utama dari tugas pemasyarakatan adalah pembinaan dan rehabilitasi narapidana. Petugas harus mampu menciptakan program-program yang efektif untuk membantu narapidana berubah menjadi individu yang lebih baik dan siap kembali ke masyarakat.
  3. Keamanan dan Ketertiban: Menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas adalah prioritas utama. Petugas harus selalu waspada dan siap menghadapi berbagai situasi yang dapat mengancam keamanan Lapas.
  4. Kerjasama dan Kolaborasi: Kerjasama antar petugas dan dengan instansi terkait sangat penting untuk menjalankan tugas dengan baik. Sinergi yang baik akan menghasilkan kinerja yang lebih efektif dan efisien.
  5. Serta Penekanan pada 3 kunci Pemasyarakatan, Back to Basic untuk menjadi pedoman dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut di lakukan pemberian penghargaan Kepada 2 petugas pemasyarakatan yang telah berhasil melakukan penggagalan penyelundupan narkoba Serta menghimbau pada jajaran untuk menjauhi narkoba dan memastikan tidak akan mentoleransi apabila ada pegawai yang terlibat narkoba.

Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh petugas untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan yang terbaik dalam tugas mereka.

Selanjutnya Hermansyah Siregar meresmikan inovasi lapas ampana yaitu produk kripik pisang yang di produksi lapas ampana.
Hermansyah Siregar mengapresiasi inovasi tersebut dan turut mencoba cita rasa produk tersebut secara langsung, adapun harapan yang disampaikan kepala kantor wilayah iyalah agar lapas ampana terus konsisten menjaga kinerja, dan terus berupaya berinovasi dan tak menjauhi narkoba,.

Hermansyah menutup kegiatan dengan menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Lapas Ampana. "Saya sangat bangga dengan komitmen dan kerja keras kalian semua. Teruslah berusaha untuk meningkatkan diri dan bekerja dengan sepenuh hati. Ingatlah bahwa tugas kita sangat mulia dan memberikan dampak positif bagi banyak orang," pungkasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kemenkumham Sulteng untuk memastikan bahwa seluruh petugas pemasyarakatan memiliki pemahaman yang baik tentang tugas dan fungsi mereka serta mampu menjalankan tugas dengan profesionalisme dan integritas tinggi.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 

TerPopuler