Tingkatkan Kapasitas, Rutan Palu Lakukan Studi Tiru ke Bapas Kelas I Surabaya

Tingkatkan Kapasitas, Rutan Palu Lakukan Studi Tiru ke Bapas Kelas I Surabaya

22 Mei 2024, 11:49
Bangkapost - Sebagai upaya meningkatkan Kapasitas serta kualitasnya dalam memberi pelayanan prima kepada masyarakat, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng lakukan kunjungan kerja atau studi tiru ke Balai Pemasyarkatan Kelas I Surabaya, Senin (20/5).

Studi tiru tersebut berfokus pada pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM tahun 2024 yang mana Bapas Kelas I Surabaya telah meraih predikat WBK nya pada tahun 2021 silam. Atas alasan tersebutlah Rutan Kelas IIA Palu melakukan studi tiru untuk mengambil ilmu serta tips untuk meningkatkan kualitas kinerjanya agar dapat meraih WBK/WBBM di Tahun 2024.

Bertempat di Aula Gajah Mada Bapas Surabaya, rombongan Tim ZI Rutan Palu yang saat itu di pimpin oleh Kepala Subseksi Pengelolaan, Radotman Sinaga, selaku ketua ZI di sambut langsung dengan hangat oleh Kepala Bapas Kelas I Surabaya, Rika Aprianti, berserta jajarannya.

Dalam pertemuan tersebut, Rutan Palu bersama Bapas Surabaya berbagi pengalaman dan diskusi penting mengenai upaya meraih predikat WBK dan WBBM. paparan program inovasi pun di tayangkan oleh Bapas Surabaya, yang saat itu dibawakan oleh Ketua ZI nya, Siti Viona.

"Bersyukur, hari ini kami mendapatkan kesempatan untuk melakukan studi tiru ke Bapas Surabaya, tujuan utama tentu mempelajari kiat-kiat bagaimana cara meraih WBK/WBBM serta saran inovasi yang kiranya bisa dijadikan referensi untuk kami meningkatkan kinerja di Rutan Palu," ungkap Radot.

Pada studi tiru ini Rutan Palu berhasil mendapatkan beberapa kiat dalam meraih predikat WBK/WBBM yang diantaranya, Sinergitas antar anggota ZI dan seluruh pegawai, role model pimpinan, serta rutin menciptkan ide inovasi diiringi kerja sama masif dengan stakeholder - stakeholder terkait.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, mengapresiasi langkah yang diambil oleh Rutan Palu dan berharap apa yang di dapatkan dapat betul-betul di implementasikan di bagikan juga kepada Unit Pemasyarakatan lainnya di Sulawesi Tengah. 

- Rutan Palu 

TerPopuler