Edukasi Kesehatan bagi Warga Binaan, Lapas Narkotika Karang Intan Gelar Penyuluhan Kesehatan

Edukasi Kesehatan bagi Warga Binaan, Lapas Narkotika Karang Intan Gelar Penyuluhan Kesehatan

17 April 2024, 16:07

Bangkapost – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, gandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar langsungkan penyuluhan kesehatan dengan tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi warga binaan, Rabu (17/4). Kegiatan yang berlangsung di aula ruang kunjungan tersebut, juga dalam rangka semarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024.

 

“Luas kamar hunian warga binaan dengan jumlah penghuni tidak sebanding, begitu pula dengan tempat untuk mereka mandi cuci kakus, sehingga rentan timbulnya berbagai masalah kesehatan. Kegiatan ini bagian dari bagaimana kita mengedukasi warga binaan untuk mampu berperilaku sehat dalam aktivitas sehari-hari meski dengan situasi dan kondisi yang ada,” ujar Kepala Lapas, Wahyu Susetyo, beri sambutan pembuka.

 

Di hadapan peserta penyuluhan, Wahyu meminta warga binaan agar selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan hunian. Karena bersih hakikatnya dekat dengan kesehatan sedang keadaan kotor dekat dengan berbagai penyakit yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari selama menjalani pembinaan di Lapas.

 

“Warga binaan harus pandai menjaga kebersihan lingkungan dan fasilitas yang ada di blok hunian. Jika mengalami permasalahan kesehatan, segera melapor untuk mendapatkan layanan kesehatan yang diselenggarakan Poliklinik Lapas Narkotika Karang Intan. Karena jika warga binaan sehat, tentu pelaksanaan program pembinaan yang diselenggarakan dapat diikuti dengan optimal,” sambungnya.

 

Peserta kegiatan penyuluhan kesehatan yakni perwakilan warga binaan dari setiap kamar hunian yang ada di Lapas Narkotika Karang Intan. Mereka nantinya menjadi penyampai informasi kepada rekan-rekannya yang ada di kamar, tentang materi yang disampaikan oleh pembicara.

 

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran pribadi mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas lingkungan. Seperti mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok,” jelas pemateri Bidang Promosi Kesehatan Dinkes Banjar, Siti Noorma.

 

Kegiatan penyuluhan kesehatan berlangsung lancar hingga akhir, dan warga binaan antusias mengikuti dan menyimak materi yang disampaikan.


- Lapas Narkotika Karang Intan

 

TerPopuler