Tingkatkan Stabilitas Kamtib, Karutan Palu Ikuti Pembinaan Satgas Kamtib Bersama Kanwil Kemenkumham Sulteng

Tingkatkan Stabilitas Kamtib, Karutan Palu Ikuti Pembinaan Satgas Kamtib Bersama Kanwil Kemenkumham Sulteng

07 Maret 2024, 09:27

Bangkapost - Dalam upaya meningkatkan stabilitas kamtib pada jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIA Palu ikuti Pembinaan Satuan Tugas (Satgas) Kemaamanan dan Ketertiban (Kamtib) bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Rabu (6/3).

Dilaksanakan di Karavea Dive Resort Donggal, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan fisik, mental, dan disiplin (FMD) para Satgas Kamtib dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di Lapas/Rutan/LPKA/Rupbasan dan Bapas.

Mengusung tema "Penguatan Satgas Kamtib Pemasyarakatan Pasti Berdampak Melalui Deteksi Dini, Berantas Narkoba Serta Sinergitas APH, Dan Back To Basic” kegiatan ini pun dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, yang bekerjasama dengan Detasemen Gegana Korps Brimob Polda Sulteng. FMD ini diikuti oleh seluruh pejabat administrator kanwil Kemenkumham Sulteng, berserta seluruh kepala UPT Pemasyarakatan Se-Sulawesi Tengah.

“Pastinya bersama dengan Korps Brimob Polda Sulteng kita komitmen untuk terus meningkatkan kapasitas petugas pemasyarakatan. Ini adalah bentuk upaya kita menghadirkan wilayah hukum Sulawesi Tengah yang aman dan kondusif,” tegas Hermansyah.

Kepala Rutan Palu, Yansen, mengungkapkan bahwa FMD ini juga menjadi ajang memperkokoh sinergi antar UPT Pemasyarakatan untuk menjaga kondusifitas di dalam Rutan dan Lapas serta silaturahmi antar jajaran.

"Kegiatan ini menjadi atensi bersama kita untuk terus menjaga kekompakan, kekuatan dalam menjaga keamanan Rutan atau Lapas agar tetap kondusif dan tertib, kekuatan kita bina bersama disini sebagai upaya memperkokoh Satgas," terang Karutan.

Kegiatan ini pun diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kesigapan para Satgas Kamtib dalam menangani berbagai situasi dan kondisi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di Lapas/Rutan/LPKA/Rupbasan dan Bapas. 

- Rutan Palu

TerPopuler