Tari Mahaga Banua PIPAS Kalsel Juarai Lomba Tari Daerah HUT Ke-20 PIPAS

Tari Mahaga Banua PIPAS Kalsel Juarai Lomba Tari Daerah HUT Ke-20 PIPAS

01 Maret 2024, 10:11

Bangkapost – Tari Mahaga Banua dibawakan Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, berhasil menjuarai lomba tari daerah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 PIPAS tahun 2024. Penghargaan disampaikan pada puncak peringatan HUT ke-20 PIPAS bertempat di Graha Bhakti Pemasyarakatan Jakarta, Kamis (29/2). 

 

“Tadi kita semua disuguhi dengan persembahan tari anggota PIPAS yang ternyata tidak kalah dengan penari professional, dan persembahan ini mengusung kearifan lokal masing-masing daerah,” ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard S P Silitonga, beri sambutan.

 

Lomba tari daerah semarakkan HUT ke-20 PIPAS diikuti oleh anggota PIPAS di seluruh Indonesia. Tari mehaga banua yang dibawakan PIPAS Kalimantan Selatan berhasil meraih juara kedua dari 33 peserta yang mengikuti lomba tersebut.

 

Tari mehaga banua merupakan tari dayak garapan baru yang berpijak pada tari dayak ngaju masyarakat di wilayah Kalimantan Selatan. Tari dengan unsur gerak dinamis, menggambarkan semangat membara dan keberanian dari pemudi Dayak. Para menari membawa senjata tajam mandau di tangan simbol penjagaan terhadap wilayah yang ditempati. Sehingga, ketika tanah mereka diserang musuh, mandau berfungsi sebagai perlawanan.

 

Istri Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalimantan Selatan, Syarifah Said Mahdar, selaku Ketua PIPAS Kalimantan Selatan menuturkan, hasil yang diraih tim nya merupakan buah dari kerja keras dan usaha yang diperjuangkan. Penghargaan menjadi kado terindah bagi dirinya yang berulang tahun pada momen puncak HUT ke-20 PIPAS.

 

“Selamat dan terima kasih atas usaha dan kerjasama tim penari PIPAS Kalimantan Selatan. Alhamdulillah perjuangan dan kerja keras kita selama ini mendapatkan hasil memuaskan, dan hadiah terindah dari kalian untuk Ibu yang hari ini berulang tahun,” pungkas.


- Lapas Narkotika Karang Intan

TerPopuler