Kalapas Samarinda Hudi Ismono: Mapenaling Sarana Orientasi bagi Warga Binaan, KaKPLP & Jajaran Sosialisasi Pengenalan Pengamanan atas Pelanggaran Tata Tertib

Kalapas Samarinda Hudi Ismono: Mapenaling Sarana Orientasi bagi Warga Binaan, KaKPLP & Jajaran Sosialisasi Pengenalan Pengamanan atas Pelanggaran Tata Tertib

20 Maret 2024, 10:27
Bangkapost - Dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan di dalam Lapas, Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui Sukardi selaku Ka KPLP Lapas Kelas II A Samarinda memberikan pengarahan kepada Warga binaan pemasyarakatan khususnya blok mapenaling di lapangan Lapas. Sukardi menekankan beberapa poin tata tertib yang harus diindahkan oleh seluruh warga binaan. Rabu, (20/3).

Masa pengenalan lingkungan atau yang biasa disebut Mapenaling adalah program yang ditujukan kepada warga binaan baru, bertujuan agar mereka lebih memahami kondisi di Rutan/Lapas, mentaati peraturan yang ada dan dapat segera beradaptasi dengan lingkungan yang ada.

Pengarahan ini menjadi bentuk antisipasi pencegahan gangguan Kamtib di lapas samarinda, sehingga dapat meminimalisir gangguan kamtib. Dalam sambutannya, Sukardi menyatakan keyakinannya bahwa dengan kesadaran dan kedisiplinan bersama, seluruh warga binaan dapat menjalani masa tahanan dengan lebih baik. Setiap aturan yang diterapkan bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada seluruh warga binaan tentang pentingnya patuh terhadap aturan dan tata tertib. Ka KPLP juga menegaskan ketersediaan petugas untuk menjawab pertanyaan atau memberikan bantuan jika diperlukan. Semoga sosialisasi ini dapat menjadi langkah positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas Samarinda.

Selanjutnya melaui kegiatan ini jajaran Lapas Kelas IIA Samarinda dapat menindaklanjuti arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Gun Gun Gunawan melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan Heri Azhari guna menjaga kestabilan dan deteksi dini di dalam lapas, khususnya Lapas Samarinda.

- Lapas Samarinda

TerPopuler