Peringati HUT ke-20 PIPAS, Bersama PIPAS Sulteng DWP Rutan Palu Giatkan Ziarah ke Makam Pahlawan

Peringati HUT ke-20 PIPAS, Bersama PIPAS Sulteng DWP Rutan Palu Giatkan Ziarah ke Makam Pahlawan

01 Februari 2024, 12:36
Bangkapost - Dalam memperingati ulang tahun Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan (PIPAS) yang ke-20, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu jalankan Kegiatan Ziarah Kubur ke Makam Pahlawan bersama seluruh anggota PIPAS di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Kamis (1/2).

Bertempat di Makam Pahlawan Tatura, Jl. Basuki Rahmat, Kota Palu, pada kesempatan tersebut hadir Ketua DWP Rutan Palu, Ibu Zullaeha Yansen, beserta para anggotanya beserta Ketua DWP lainnya dari masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di Sulawesi Tengah.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga diawali dengan penghormatan kepada arwah yang diikuti mengheningkan cipta oleh para anggota Pipas, yang Kemudian dilanjutkan dengn acara tabur bunga pada pusara makam para pahlawan. Suasana penuh hikmat pun menyelimuti rangkaian kegiatan tabur bunga tersebut.

Keuta DWP Rutan Palu, Zullaeha mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan wujud penghormatan dan untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur, serta meningkatkan nilai-nilai kepahlawanan dalam diri sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Untuk memperingati hari besar panguyuban kami mamasukkan agenda tabur bunga sebagai penghargaan dan penghormatan kepada  para pahlawan, dimana diantara pahlawan-pahlawan itu ada para wanita yang ikut mempertaruhkan nyawanya untuk kemerdekaan dan pemberdayaan perempuan, harapannya ini menjadi motivasi bagi kami di Pipas," ungkap Zullaeha.

- Rutan Palu

TerPopuler