Kanwil Kemenkumham Sulteng Mengikuti BSK KUMHAM CERDAS dengan Tema "Pembangunan Berkelanjutan: Memahami Isu Disabilitas dalam Kebijakan Publik

Kanwil Kemenkumham Sulteng Mengikuti BSK KUMHAM CERDAS dengan Tema "Pembangunan Berkelanjutan: Memahami Isu Disabilitas dalam Kebijakan Publik

24 Januari 2024, 11:59
Bangkapost - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) aktif mengikuti kegiatan Bina Sumberdaya Manusia (BSK) Kemenkumham dengan tema "Pembangunan Berkelanjutan: Memahami Isu Disabilitas dalam Kebijakan Publik". Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala BSK Kemenkumham Republik Indonesia, Y. Ambeg Paramarta, Rabu (24/1).

Kegiatan yang dilaksanakan melalui platform virtual Zoom ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, Kepala Divisi Administrasi, Raymond J.H Takasenseran, beserta sejumlah Pejabat Administrator dan Pengawas lainnya. Para peserta mengikuti kegiatan dengan antusias melalui layanan konferensi video, menjadikan acara ini sebagai wujud nyata penerapan teknologi dalam era baru.

Sebelum memulai rangkaian acara serius, dilaksanakan sebuah kegiatan pemanasan yang menyenangkan, yaitu Games kuis terkait disabilitas. Games ini bertujuan tidak hanya sebagai hiburan, namun juga sebagai upaya memahami isu-isu seputar disabilitas dengan cara yang kreatif dan edukatif.

Dalam sambutannya, Kepala BSK Kemenkumham R.I, Y. Ambeg Paramarta menyampaikan pentingnya peran pemangku kebijakan dalam memahami dan mengakomodasi isu disabilitas dalam setiap kebijakan publik. Beliau juga menekankan perlunya sinergi antarinstansi untuk menciptakan kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen dalam menjalankan amanah Kemenkumham untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang memiliki disabilitas.

Acara berlangsung dengan penuh semangat, diisi dengan presentasi, diskusi, dan pemecahan masalah terkait isu disabilitas dalam konteks kebijakan publik. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan kebijakan yang lebih inklusif dan mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah Sulawesi Tengah.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

TerPopuler