Didampingi Kakanwil Hermansyah Siregar, Irjen Kemenkumham RI Berikan Tausiyah Kepada WBP Lapas Luwuk

Didampingi Kakanwil Hermansyah Siregar, Irjen Kemenkumham RI Berikan Tausiyah Kepada WBP Lapas Luwuk

19 Januari 2024, 02:34
Bangkapost - Didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham, Ir. Razilu berikan tausiyah kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Luwuk, Kamis, (18/1/2024) sore.

Dalam tausiyahnya, Irjen. Razilu mengajak kepada seluruh WBP untuk terus meningkatkan amal saleh guna menggapai beribu pahala dalam menjalani proses pembinaannya.

Ia pun menguraikan bahwa dalam mencapai amal saleh yang baik, mesti diiringi dengan rutinnya membersihkan hati dengan beristigfar atau memohon ampun kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Mari kita tingkatkan amal saleh dengan rutin membersihkan hati dengan beristigfar memohon ampun, keberadaan saudara sekalian disini mesti disyukuri bukan disesali. Apapun yang terjadi kepada kita mesti kita tanggapi dengan berpikir positif,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Irjen. Razilu turut didampingi oleh Kakanwil Hermansyah, Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Ricky Dwi Biantoro, Kadiv Keimigrasian, Arief Hazairin Satoto serta para Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Sulteng.

Dirinya pun menjelaskan berbagai kiat-kiat dalam meningkatkan amal saleh, apalagi kata dia, saat ini telah memasuki bulan Rajab, ia kembali mengajak agar seluruh WBP dapat mempertahankan ibadah wajib serta meningkatkan ibadah sunnah seperti berpuasa, hingga tadarus Al-Qur’an.

“Pertahankan Shalat lima waktu serta perbanyak ibadah sunnah, apalagi saat ini telah memasuki bulan rajab, ini harus kita manfaatkan bersama,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia pun memberikan salah satu buku keagamaan kepada Kepala Lapas Luwuk, Efendi Wahyudi, ia berharap agar seluruh WBP dapat memanfaatkan waktu untuk mengkaji setiap isi dalam buku yang merupakan warisan dari suri tauladan Nabi Muhammad SAW.

“Ini saya mau lihat realisasinya, manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengkaji setiap ilmu didalam buku ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kakanwil Hermansyah pun mengaku bersyukur atas motivasi yang diberikan oleh Irjen Razilu. Ia menegaskan bahwa pembinaan keagamaan di dalam Lapas akan terus ditingkatkan.

“Tentu ini menjadi hal yang kami syukuri, kedepan pembinaan keagamaan akan terus kita tingkatkan,” imbuh Kakanwil Hermansyah.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

TerPopuler