Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Tingkatkan Semangat Rutan Palu dalam Melayani

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Tingkatkan Semangat Rutan Palu dalam Melayani

01 Juni 2024, 15:15
Bangkapost – Peringati Hari Peringatan Hari Pancasila Tahun 2024, Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah gelar upacara dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, Sabtu (1/6).

Bertempat di Lapangan Upacara Rutan, Kepala Subseksi (Kasubsi) Pengelolaan, Radotman Sinaga yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan Pidato tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Dalam pidatonya disampaikan bahwa Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan 4 gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas Nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja. Di momen ini, mari bersama-sama kita kobarkan semnagat Pancasila dalam melaksanakan tugas untuk memberikan pelayanan yang berdampak dan selalu berkontribusi positif menuju Indonesia Emas 2045,” tegas Sinaga. 

- Rutan Palu 

TerPopuler