Prestasi Gemilang Kanwil Kemenkumham Sulteng: 18 Satuan Kerja Raih Nilai IKPA Sempurna

Prestasi Gemilang Kanwil Kemenkumham Sulteng: 18 Satuan Kerja Raih Nilai IKPA Sempurna

23 Mei 2024, 19:06
Bangkapost - Jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) meraih penghargaan atas capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) pada Satker KPPN Palu dan KPPN Poso Tahun Anggaran 2023 dan Triwulan I Tahun 2024, berkat dedikasi dan kerja keras seluruh jajarannya dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan, Selasa (21/05).

Pada Tahun 2023 untuk kategori pagu sedang Satker Lapas Palu berhasil meraih nilai IKPA sempurna 100 sementara Rutan Palu mencatatkan nilai sangat baik dengan nilai 99.93.
Pada kategori Pagu Kecil Satuan Kerja yang berhasil meraih penghargaan nilai sempurna(100) yaitu Kanwil DIPA AHU, Kanwil DIPA Pemasyarakatan, Kanwil DIPA Imigrasi, Kanwil DIPA KI, Kanwil DIPA PP, Kanwil DIPA BPHN, Kanwil DIPA HAM dan Lapas Parigi Capaian ini menegaskan komitmen Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam mengoptimalkan penggunaan anggaran dan mencapai target kinerja.

Prestasi gemilang berlanjut pada Triwulan I Tahun 2024, dimana 12 satuan kerja jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng meraih nilai IKPA sempurna (100) untuk kategori pagu kecil pada lingkup KPPN Palu yaitu meliputi Kanwil DIPA AHU, Kanwil DIPA Pemasyarakatan, Kanwil DIPA Imigrasi, Kanwil DIPA PP, Kanwil BPHN, Kanwil DIPA BSK, Kanwil DIPA HAM, Rupbasan Palu, LPKA Palu, LPP Palu, Lapas Parigi dan Kanim Palu. Untuk kategori Pagu sedang satker yang memperoleh penghargaan nilai sempurna(100) ada tiga Satker yaitu Kanwil DIPA Setjen, Lapas Palu, dan Rutan Palu.

Selanjutnya pada satker jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng pada lingkup KPPN Poso juga meraih penghargaan nilai sempurna (100) yaitu Rutan Poso, Lapas Ampana dan Lapas Kolonodale.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menyampaikan rasa bangganya atas capaian ini. "Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan," ujar Hermansyah.

Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini, Kanwil Kemenkumham Sulteng menyelenggarakan sosialisasi tentang Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-5/PB/2024 yang membahas petunjuk teknis penilaian IKPA terbaru. Sosialisasi ini diharapkan dapat membantu seluruh Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulteng untuk memahami dan menerapkan petunjuk teknis tersebut secara optimal dalam pengelolaan keuangan.

Hermansyah menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kinerja dan mencapai target yang lebih baik di masa depan. "Kami tidak akan berpuas diri dengan capaian ini. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja dan mencapai target yang lebih baik lagi di masa depan," tegasnya.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Satuan Kerja atas kerja keras dan dedikasinya. "Tanpa kerja keras dan dedikasi dari seluruh Satian Kerja, kami tidak mungkin mencapai prestasi ini," tuturnya.

Dengan penghargaan ini, Hermansyah berharap seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Mari kita jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkasnya.

Capaian gemilang ini mencerminkan komitmen kuat Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam menerapkan reformulasi penilaian IKPA untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan, serta mendorong efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran. Dengan prestasi ini, Kanwil Kemenkumham Sulteng bertekad untuk terus maju dan memberikan contoh yang baik dalam pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. 

- Kanwil kemenkumham sulteng 

TerPopuler