Perhatikan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Palu Gelar Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Perhatikan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Palu Gelar Pemeriksaan Kesehatan Rutin

02 Maret 2024, 12:41
Bangkapost – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu melaksanakan kegiatan pemeriksaan dan kontrol kesehatan bagi warga binaan, Sabtu (2/3). Kepala Rutan Palu, Yansen, menuturkan bahwa pemeriksaan kesehatan rutin ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan warga binaan selalu dalam keadaan yang baik dan sehat selama menjalani masa pidananya.

“Hari ini kami melakukan pemeriksaan kesehatan rutin bekerja sama dengan Puskesmas Birobuli. Hal ini sebagai bentuk kolaborasi antara Rutan Palu bersama instansi terkait dalam memberikan pelayanan yang optimal khususnya pelayanan keseahtan,” terang Yansen.

"Kami berupaya memberikan perawatan kesehatan yang terbaik bagi para warga binaan, dengan pemeriksaan rutin kami dapat mengidentifikasi masalah kesehatan dengan cepat dan memberikan penanganan yang tepat," tambanya.

Bertempat di Klinik Rutan Sehat, dr Jannati dan dr Vania dari Puskesmas Birobuli dan didampingi oleh perawat Rutan melakukan pemeriksaan dan kontrol kesehatan kepada warga binaan. Selain anamnesa keluhan dan pemeriksaan fisik, warga binaan diberikan obat-obatan untuk menangani keluhan kesehatannya.

“Hari ini ada dua puluh tujuh (27) orang warga binaan yang datang ke klinik untuk berobat, kami langsung melakukan pemeriksaan pada anggota tubuh yang dikeluhkan. Kami juga selalu memberikan edukasi untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan selalu mengontrol kesehatan bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit kronis,” ungkap dr Jannati.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, ungkapkan bahwa kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali. Kegiatan pemeriksaan kesehatan dilakukan dalam rangka pengelenggaraan pelayanan yang unggul dan prima kepada warga binaan.

“Kesehatan warga binaan menjadi tanggung jawab kami khususnya pada jajaran pemasyarakatan. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, dapat membantu dalam mendeteksi secara dini kondisi kesehatan warga binaan yang memerlukan perhatian medis dan menjaga kesehatan mereka,” tutur Hermansyah. 

- Rutan Palu 

TerPopuler