Petugas Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti Peningkatan Kompetensi Pengamanan bersama Polres Banjar

Petugas Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti Peningkatan Kompetensi Pengamanan bersama Polres Banjar

02 Februari 2024, 12:46

Bangkapost – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, ikuti pembinaan pengamanan berupa teknik penggunaan borgol, pemeriksaan senjata api dan amunisi bersama Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Kepolisian Resort (Polres) Banjar di aula ruang kunjungan, Jum’at (2/2). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petugas Lapas dalam menghadapi potensi gangguan keamanan dan ketertiban berhubungan dengan materi yang diajarkan.

 

“Peningkatan kemampuan pengamanan ini bagian dari upaya kolaboratif antara Lapas Narkotika Karang Intan dan Polres Banjar untuk memastikan keamanan dan ketertiban, khususnya di Lapas Narkotika Karang Intan. Semoga kegiatan ini berjalan lancar sebagaimana mestinya, dan bisa berkelanjutan,” ujar Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Rustam Efendi, mewakili Kepala Lapas, Wahyu Susetyo, beri sambutan.

 

Kepala Sat Binmas Polres Banjar, IPTU Ahmad Sofyan, dalam sambutannya menegaskan kesiapan yang optimal diperlukan para petugas untuk mampu menghadapi gangguan keamanan dan ketertiban yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

 

“Kegiatan ini bentuk persiapan agar petugas Lapas Narkotika Karang Intan lebih siap dalam menghadapi situasi apapun, khususnya yang berhubungan dengan pengamanan warga binaan. Ketika kesiapan petugas sudah matang, maka ketika ada kejadian maka refleks yang akan keluar bisa tepat dan mampu merespon kejadian dengan baik,” ujarnya.

 

Selepas pembukaan, enam orang perwakilan petugas diminta maju ke depan untuk praktik langsung materi penggunaan borgol. Praktif dipimpin langsung oleh instruktur dari Sat Binmas Polres Banjar, Yanto.

 

“Kita mempelajari bagaimana penggunaan borgol, cara mengamankan warga binaan menggunakan borgol, dan bagaimana membawa warga binaan ketika posisi tangan diborgol. Selain itu, borgol ini bisa digunakan sebagai alat penangkis dan juga sebagai alat pemukul,” pungkasnya.

 

Petugas Lapas Narkotika Karang Intan juga diajarkan bela diri praktis dan penggunaan senjata api. Kegiatan diikuti antusias oleh seluruh petugas Lapas Narkotika Karang Intan ini juga perwujudan sinergi baik yang terus terjalin antara Lapas Narkotika Karang Intan dengan Polres Banjar, dalam upaya mendukung pelaksanaan tugas bagi masing-masing instansi.


- Lapas Narkotika Karang Intan

TerPopuler