Inilah Review Redmi Note 13 Pro 4G

Inilah Review Redmi Note 13 Pro 4G

18 Februari 2024, 12:38

 


Bangkapost - Redmi Note 13 Pro 4G, merupakan bagian dari rangkaian Redmi Note 13 series yang secara global diluncurkan pada bulan Januari 2024. Meskipun beberapa orang mungkin ragu untuk memilihnya karena masih menggunakan jaringan 4G, keputusan untuk membeli HP 4G membawa sejumlah keuntungan, terutama karena fitur-fiturnya yang tetap utuh, tidak terpengaruh seperti pada sebagian besar HP 5G dengan kisaran harga yang serupa. Penting untuk diingat bahwa jaringan 4G sendiri masih akan berlaku dalam waktu yang cukup lama di Indonesia, menjadikannya pilihan yang tetap relevan.


Redmi Note 13 Pro 4G menonjol dengan beberapa fitur unggulannya, termasuk kamera utama berkekuatan 200 MP, layar AMOLED yang cerah, dan ketahanan bodi yang solid. Berikut adalah tabel yang merangkum poin-poin kelebihan yang patut diperhatikan.


Sisi Chipset 

Prestasi kelas atas dari chipset Helio G99 Ultra menjadi keunggulan utama yang menyertai Redmi Note 13 Pro 4G, memastikan pengalaman bermain game yang mulus dan responsif. Pada awal tahun 2024, Helio G99 tetap menjadi salah satu chipset 4G yang patut dipertimbangkan, terutama berkat fabrikasinya yang rendah dengan teknologi 4 nm TSMC. Performa CPU dan GPU yang tangguh pada Helio G99 membuatnya ideal untuk bermain gim dengan grafis memukau.

 

Versi "Ultra" dari Helio G99 yang mengotaki Redmi Note 13 Pro 4G merupakan hasil peningkatan dari versi reguler. Meskipun secara keseluruhan kemampuannya tetap serupa, MediaTek melakukan tuning pada chipset ini untuk mendukung in-sensor zoom 2X. Fitur ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan chipset dalam menghasilkan foto yang detail ketika digunakan dalam mode zoom.


Helio G99 Ultra tidak hanya menjadi andalan Redmi Note 13 Pro 4G, tetapi juga menjadi andalan POCO M6 Pro, saudara se-rumpun dari merk yang sama. Dari segi spesifikasi teknis, Helio G99 Ultra menawarkan fabrikasi 6 nm TSMC, didukung oleh Cortex A76 dengan kecepatan 2.2 GHz dan Cortex A55 dengan frekuensi 2.0 GHz. Untuk memastikan kelancaran bermain gim, GPU Mali G57 MC2 diterapkan.


Redmi Note 13 Pro 4G juga memperkuat performanya dengan penyimpanan UFS 2.2 berkapasitas 256 GB dan 512 GB, serta mendukung RAM LPDDR4x dengan opsi 8 GB dan 12 GB. Berdasarkan pengujian dari NextPit.com, ponsel ini meraih skor Geekbench 6 sebesar 744 poin pada single core dan 2122 poin pada multi-core. Pengujian 3D Mark Wild Life menunjukkan skor 1245 poin untuk best loop dan 1217 poin untuk worst loop.


Meskipun demikian, hasil pengukuran ini menandakan bahwa Redmi Note 13 Pro 4G memiliki performa yang 6x lebih rendah dibandingkan POCO F5, dan kalah 2x lipat dibandingkan versi 5G-nya yang menggunakan Snapdragon 7s Gen 2. Kendati demikian, chipset Helio G99 Ultra pada Redmi Note 13 Pro 4G tetap menawarkan performa yang solid dalam kelasnya, memberikan alternatif yang mengesankan bagi pengguna yang memprioritaskan pengalaman gaming tanpa harus mengorbankan anggaran.


Sisi Kualitas Layar 

Redmi Note 13 Pro 4G memamerkan panel layar AMOLED berukuran 6,67 inci, menggantikan panel IPS LCD, memberikan tampilan yang lebih cerah, terang, dan memukau dalam reproduksi warna. Resolusi layarnya mencapai 1080 x 2400 piksel, menghasilkan tampilan yang tajam. Pengalaman pengguna dalam melakukan scrolling dan bermain gim ditingkatkan dengan adanya refresh rate 120 Hz.


Dengan dukungan kecerahan layar hingga 1.300 nit, menurut klaim dari Xiaomi, Redmi Note 13 Pro 4G tetap memberikan kualitas layar yang memadai di bawah sinar matahari terik. Pengujian dari GSM Arena menunjukkan kecerahan layar mencapai 493 nit pada pengaturan manual, sementara dalam mode Auto Brightness, ponsel ini dapat mencapai hingga 1.047 nit.

Pilihan refresh rate 120 Hz pada Redmi Note 13 Pro 4G memberikan fleksibilitas kepada pengguna dengan dua mode, yaitu Custom dan Default. Mode Custom memungkinkan pengguna memilih refresh rate 60 Hz atau 120 Hz secara spesifik, sementara mode Default bekerja seperti mode Auto, menyesuaikan laju penyegaran berdasarkan jenis konten yang ditampilkan di layar.


Mode Default diketahui dapat membantu menghemat daya baterai, dengan penanganan refresh rate yang responsif sesuai dengan konteksnya. Sebagai contoh, saat layar statis, refresh rate berada pada 60 Hz, dan saat fitur always on display aktif, layar hanya menggunakan refresh rate 30 Hz. Mode 120 Hz aktif hanya saat scrolling navigasi antarmuka dan bermain gim yang mendukung.


Meskipun tidak memiliki sertifikasi HDR10+ dan Dolby Vision yang umumnya ditemukan pada ponsel flagship, Redmi Note 13 Pro 4G tetap dilengkapi dengan Widevine L1, memungkinkan streaming konten Full HD pada aplikasi seperti Netflix, Amazon Prime Video, dan platform serupa. Dengan demikian, layar ponsel ini tidak hanya menawarkan kualitas visual yang memukau, tetapi juga mendukung pengalaman menonton konten berkualitas tinggi secara online.


Sisi Kualitas Kamera 

Redmi Note 13 Pro 4G menawarkan kinerja yang serupa dengan POCO M6 Pro, dengan satu perbedaan yang signifikan: peningkatan kamera utama dari 64 MP menjadi 200 MP. Spesifikasi teknis kamera 200 MP ini mencakup sensor Samsung ISOCELL HP3 dengan bukaan f/1.7 dan ukuran sensor sebesar 1/1.4 inci.


Dua kamera pendampingnya melibatkan sensor ultrawide 8 MP (OmniVision OV08D10) dengan bidang pandang 120 derajat dan kamera makro 2 MP f/2.4. Sementara itu, kamera selfie pada bagian depan memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.4. Kemampuan perekaman video untuk kedua kamera, baik depan maupun belakang, mendukung resolusi 1080p pada 60 FPS, namun tidak mendukung perekaman video 4K.


Kamera utama 200 MP dilengkapi dengan PDAF dan OIS, memastikan gambar tetap stabil selama pemotretan dan menghindari blur. Menurut laporan dari Phone Arena, kamera dengan resolusi tinggi dan sensor yang lebih besar memungkinkan pengguna untuk mendapatkan detail yang lebih baik. Meskipun absennya kamera telefoto, pengguna masih dapat menikmati hasil foto berkualitas pada pembesaran 2x dan 4x.


Seperti kebanyakan ponsel menengah, kamera ultrawide pada Redmi Note 13 Pro 4G mungkin tidak memberikan kualitas foto sebaik kamera utama, terutama dalam kondisi cahaya yang kurang. Meskipun demikian, hasil foto dari kamera ultrawide masih dapat dianggap baik dan cocok untuk dibagikan di media sosial. Dengan demikian, fitur kamera yang ditingkatkan pada Redmi Note 13 Pro 4G memberikan pengguna pilihan yang menarik untuk fotografi berkualitas dan pengalaman visual yang lebih mendalam.


Sisi Koneksivitas 

Redmi Note 13 Pro 4G menonjol dengan kehadiran sensor infrared, sebuah fitur yang jarang ditemukan pada sebagian besar smartphone. Sensor ini menggunakan sinar elektromagnetik dengan panjang gelombang yang melebihi cahaya yang tak terlihat, memungkinkan perangkat ini berfungsi sebagai remote universal yang dapat diatur untuk perangkat seperti TV dan AC tanpa ketergantungan pada koneksi internet. Kelebihan utamanya adalah kemampuannya berfungsi pada perangkat dari berbagai merk dan tipe tanpa memerlukan koneksi Wi-Fi yang sama.


Selain sensor infrared, Redmi Note 13 Pro 4G menyediakan fitur konektivitas yang komprehensif. Ini mencakup Wi-Fi 5 dual band, Bluetooth 5.2 dengan dukungan A2DP dan LE, Near Field Communication (NFC), FM Radio, dan port USB-C 2.0 dengan kemampuan on-the-go.


Keamanan perangkat terjamin dengan sensor pemindai sidik jari di dalam layar (in-display fingerprint), memberikan metode yang cepat dan aman untuk membuka kunci perangkat. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor akselerometer, giroskop, dan e-kompas untuk mendukung berbagai fitur sensor yang diperlukan. Untuk mencegah sentuhan layar yang tidak diinginkan saat menelepon, Redmi Note 13 Pro 4G menggunakan sensor virtual proximity sensing, menambahkan lapisan keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

TerPopuler