4 HP Gaming Terbaik 2024 Pilihan Netizen

4 HP Gaming Terbaik 2024 Pilihan Netizen

18 Februari 2024, 12:49

Bangkapost - Industri gim mobile mengalami pertumbuhan pesat sebagai pionir masa depan dalam dunia permainan. Faktanya, tidak dapat disangkal bahwa banyak pengembang gim, yang sebelumnya fokus pada platform desktop, kini beralih dan memusatkan perhatian mereka pada perangkat mobile. Perubahan ini tidak hanya mempengaruhi dunia pengembangan permainan, tetapi juga membentuk evolusi smartphone, yang terus meningkatkan spesifikasi mereka untuk memenuhi kebutuhan pemain gim mobile yang semakin meningkat. 


Perkembangan ini bukan hanya sekadar respons terhadap tren, melainkan pula pendorong utama bagi terciptanya smartphone dengan spesifikasi tinggi yang secara khusus dirancang untuk memberikan pengalaman bermain gim yang maksimal. Smartphone ini bukan lagi sekadar alat komunikasi, tetapi juga menjadi perangkat hiburan yang serius bagi pengguna yang mengejar kualitas grafis dan kinerja yang superior. 


Dampak dari fenomena ini lebih jauh lagi, melahirkan beberapa tipe ponsel yang tidak hanya dapat digunakan untuk bermain gim, tetapi bahkan dirancang dengan konsep yang secara eksklusif memenuhi kebutuhan para gamer. Vendor smartphone pun ikut ambil bagian dalam gebrakan ini dengan menciptakan produk-produk yang mengakomodir keinginan pasar akan perangkat khusus gaming.

Oleh karena itu, dalam rangka memberikan panduan bagi para penggemar gim mobile, kami menyusun daftar beragam smartphone yang sangat cocok untuk bermain gim. 


Berikut ini 4 HP Gaming Terbaik 2024

ASUS ROG Phone 7 Ultimate 

ASUS ROG Phone 7 Ultimate mengukuhkan dirinya sebagai puncak inovasi dalam ranah smartphone gaming kelas atas. Ponsel ini tidak hanya mengandalkan performa tinggi, tetapi juga menghadirkan integrasi teknologi canggih yang membuatnya unggul di segala aspek. 


Dengan mengusung Snapdragon 8 Gen 2, ASUS ROG Phone 7 Ultimate menghadirkan mesin yang tidak hanya tangguh tetapi juga menjadi tonggak utama Qualcomm. Chipset ini menjadi pilihan utama dengan kemampuan luar biasa, dan dipadukan dengan RAM sebesar 16 GB dan memori internal 512 GB berjenis UFS 4.0. Kapasitas memori yang luas bukan hanya sekadar angka, melainkan strategi cerdas untuk memaksimalkan kinerja chipset, memberikan pengalaman gaming yang tak tertandingi. 


Keunikan dari AeroActive Portal di bagian belakangnya mencerminkan dedikasi ASUS dalam menghadirkan solusi pendinginan yang optimal. Fitur ini tidak hanya memberikan kesan futuristik, tetapi juga menghubungkan langsung komponen pendingin internal dengan engsel, memberikan pendinginan yang lebih efisien saat perangkat digunakan dalam sesi gaming yang intens. 


Tidak hanya itu, performa gaming ASUS ROG Phone 7 Ultimate juga diperkuat oleh layarnya yang mengesankan. Layar 6,78 inci dengan panel AMOLED memberikan pengalaman visual yang mendalam, dan refresh rate hingga 165 Hz serta touch sampling rate mencapai 720 Hz memberikan kecepatan respons yang luar biasa. Ini bukan hanya tentang grafis yang memukau, tetapi juga tentang kesempurnaan pengalaman gaming secara menyeluruh. 


Keunggulan ASUS ROG Phone 7 Ultimate tidak hanya terletak pada performa, tetapi juga pada daya tahan baterai yang mengesankan. Ditenagai oleh baterai berkapasitas 6000 mAh, ponsel ini menawarkan ketahanan baterai yang luar biasa, memungkinkan pengguna untuk menikmati sesi gaming panjang tanpa khawatir kehabisan daya. Fitur fast charging 65 W juga menjadi nilai tambah, memastikan pengisian daya yang cepat dan efisien. 


Dengan kombinasi kekuatan hardware yang luar biasa, inovasi desain, dan fokus pada pengalaman gaming menyeluruh, ASUS ROG Phone 7 Ultimate menegaskan dirinya sebagai pilihan utama bagi para penggemar gaming yang mencari ponsel dengan kelas dan performa terdepan. 

Nubia Red Magic 8S Pro+ 

nubia Red Magic Series dengan varian terbaru, Red Magic 8S Pro+, memasuki persaingan sengit di kelas atas ponsel gaming, menantang dominasi ASUS ROG Phone. Dibekali chipset Snapdragon 8 Plus Gen 2, ponsel ini menawarkan performa yang mengesankan, dengan clock speed maksimal mencapai 3,36 GHz, menempatkannya sebagai pesaing serius terhadap ASUS ROG Phone 7 Series. 


Keunggulan utama nubia Red Magic 8S Pro+ terlihat dari kapasitas memori yang luar biasa, dengan RAM sebesar 16 GB dan memori internal hingga 1 TB berjenis UFS 4.0. Ini bukan hanya sekadar angka, tetapi juga perhitungan strategis untuk memastikan performa maksimal dalam menjalankan aplikasi dan game. Ponsel ini tetap menjaga kipas internal, vapor chamber, dan lapisan grafit di sektor pendinginan, menunjukkan komitmen pada optimalisasi suhu selama sesi gaming yang panjang dan intens. 


Desain nubia Red Magic 8S Pro+ menonjol dengan layar yang lebih kotak di sudutnya, memberikan kesan yang unik dan futuristik. Bezel yang tipis mengelilingi layar, menciptakan tampilan yang fokus pada layar AMOLED 6,8 inci. Meskipun refresh rate-nya mencapai 120 Hz, touch sampling rate yang tinggi, yaitu 960 Hz, memberikan respons cepat dan akurat, khususnya penting untuk pengalaman gaming yang immersif. 


Baterai ponsel ini, meskipun dengan kapasitas standar 5000 mAh, menjadi sorotan berkat fitur fast charging yang luar biasa. Dengan dukungan fast charging hingga 165 W, nubia Red Magic 8S Pro+ dapat mengisi daya penuh dalam waktu hanya 14 menit. Kecepatan ini menjadi nilai tambah yang signifikan, memungkinkan pemain untuk kembali ke permainan mereka dengan cepat tanpa menunggu waktu pengisian daya yang lama. 


Secara keseluruhan, nubia Red Magic 8S Pro+ menyajikan kombinasi yang menarik antara performa tinggi, desain inovatif, dan fitur canggih dalam dunia gaming mobile. Bagi mereka yang mencari alternatif yang kuat di luar dominasi ASUS ROG Phone, ponsel ini dengan segala keunggulannya menawarkan pengalaman gaming yang patut diperhitungkan. 

ASUS ROG Phone 7 

ASUS ROG Phone 7, selain menjadi alternatif lebih terjangkau dibandingkan model Ultimate, menarik perhatian dengan kombinasi harga yang lebih ramah kantong dan kemampuan performa yang tetap memukau. Dengan banderol Rp10,9 juta, ponsel gaming ini memberikan pengalaman gaming yang tak jauh berbeda dari saudaranya yang lebih mahal. 


Meskipun ASUS ROG Phone 7 memiliki perbedaan tertentu, seperti kapasitas RAM 8 GB dan memori internal 256 GB, serta penghilangan layar tambahan di bodi yang digantikan oleh logo, performanya tetap mengesankan. Chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang digunakan tetap menjadi jantung utama perangkat ini, menjamin performa yang mumpuni untuk menjalankan berbagai jenis game tanpa kendala. 


Keberadaan layar ASUS ROG Phone 7 sejalan dengan model Ultimate, dengan ukuran 6,78 inci dan panel AMOLED beresolusi 1080 x 2448. Keunggulan layar ini terletak pada refresh rate mencapai 165 Hz, memberikan pengalaman visual yang sangat responsif dan mulus. Touch sampling rate yang tinggi, mencapai 720 Hz, menambahkan dimensi respons yang sangat cepat, terutama untuk game yang mengharuskan pemain untuk bergerak dengan cepat dan akurat. 


Untuk mendukung sesi gaming yang panjang, ASUS ROG Phone 7 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6000 mAh. Keunggulan ini memberikan ketahanan baterai yang impresif, sementara fitur fast charging 65 W memungkinkan pengguna untuk mengisi daya penuh dalam waktu hanya 42 menit, meminimalkan waktu menunggu dan memaksimalkan waktu bermain. 


Dengan ASUS ROG Phone 7, ASUS menghadirkan pilihan menarik bagi penggemar gaming yang menginginkan keseimbangan antara kualitas performa dan nilai harga. Ponsel ini membuktikan bahwa pengalaman gaming kelas atas dapat diakses dengan harga yang lebih terjangkau, memberikan opsi yang menarik di pasar ponsel gaming.


Nubia Red Magic 8S Pro 

nubia Red Magic 8S Pro, sebagai versi reguler yang lebih terjangkau dalam seri, menawarkan pilihan konfigurasi memori yang tetap impresif. Dengan RAM 8 GB dan 12 GB, serta pilihan memori internal mulai dari 128 GB, 256 GB, hingga 512 GB, ponsel ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna sesuai kebutuhan dan anggaran. 


Meskipun memiliki konfigurasi memori yang lebih rendah daripada versi Pro Plus, nubia Red Magic 8S Pro tetap menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan di pasar gaming mobile. Chipset Snapdragon 8 Plus Gen 2 yang sama, ditemani oleh kipas internal, vapor chamber, dan lapisan grafit di sektor pendinginan, menjamin performa tinggi dan stabil selama sesi gaming yang intens. 


Pengalaman gaming yang luar biasa dipersembahkan melalui layar 6,8 inci dengan panel AMOLED beresolusi 1116 x 2480 piksel. Refresh rate-nya yang tinggi mencapai 120 Hz dan touch sampling rate sebesar 960 Hz memberikan respons yang cepat dan akurat, memastikan pengguna merasakan kehalusan permainan dan visual yang memukau.


Dalam hal ketahanan baterai, nubia Red Magic 8S Pro memberikan keunggulan dengan baterai berkapasitas 6000 mAh. Meskipun lebih baik dari versi Pro Plus, ponsel ini tetap menghadirkan kecepatan pengisian daya yang mengesankan. Dukungan fast charging 80 W memungkinkan pengisian daya hingga penuh hanya dalam waktu 35 menit, mengurangi waktu menunggu dan memaksimalkan waktu bermain tanpa khawatir kehabisan daya.

 

Sebagai pilihan yang lebih ekonomis namun tetap bertenaga dalam ranah ponsel gaming, nubia Red Magic 8S Pro menjadi opsi menarik bagi mereka yang mencari keseimbangan antara performa dan harga. 

TerPopuler