Wujudkan Tujuan Sistem Pemasyarakatan, Rutan Palu Rutinkan Pembinaan Kerohanian Bagi Warga Binaan

Wujudkan Tujuan Sistem Pemasyarakatan, Rutan Palu Rutinkan Pembinaan Kerohanian Bagi Warga Binaan

06 Juni 2024, 18:47
Bangkapost – Wujudkan tujuan sistem pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah menggelar pembinaan kerohanian bagi seluruh warga binaan. Kepala Rutan Palu, Yansen, menjelaskan bahwa pihaknya siap memfasilitasi dan memberikan pembinaan secara optimal dalam mewujudkan perubahan mental dan kerohanian warga binaan.

“Hari ini kami menggelar pembinaan kerohanian melalui ibadah rutin bagi warga binaan yang beragama Kristen yang bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu,” ujar Yansen, Kamis (6/6).

“Kolaborasi ini akan terus kami tingkatkan agar warga binaan mendapatkan pembinaan yang lebih maksimal, dengan harapan dapat memperbarui kepribadian mereka dan akan menjadi bekal mereka saat selesai menjalani masa pembinaannya,” tambahnya.

Ditempat yang berbeda, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar menjelaskan bahwa salah satu tujuan sistem pemasyarakatan yaitu meningkatkan kualiatas kepribadian dan kemandirian warga binaan agar menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindakan pidana.

“Tentunya hal ini menjadi tujuan kami khususnya dilingkungan Lapas/Rutan Kanwil Kemenkumham Sulteng. Berkolaborasi dengan pihak terkait menjadi salah satu upaya kami dalam memberikan pelayanan dan pembinaan yang optimal,” ujar Hermansyah. 

- Rutan Palu 

TerPopuler