Lapas Narkotika Karang Intan Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

Lapas Narkotika Karang Intan Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

01 Juni 2024, 08:36

Bangkapost – Mengenakan pakaian adat nusantara, seluruh petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, ikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di lapangan upacara dalam, Sabtu (1/6). Bertindak selaku Inspektur Upacara mewakili Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana, Rahmat Pijati. 

 

Rahmat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024.

 

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” ujarnya, pada sepenggal bagian amanat.

 

Sementara itu, Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 bersama Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, di RTH Ratu Zalecha Martapura. Ia mengungkapkan, peringatan Hari Lahir Pancasila harus menjadi momentum bagi jajarannya untuk semakin menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam implementasi tugas sehari-hari.

 

"Acara ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa Pancasila adalah pedoman utama dalam menjalankan tugas dan kewajiban sehari-hari, menerapkan nilai-nilai Pancasila untuk menghadapi berbagai tantangan zaman, serta mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari guna memperkuat persatuan dan kesatuan antar sesama. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya persatuan dan kerja sama dalam menjaga keutuhan bangsa," ujarnya.

 

Ia juga menambahkan, peringatan Hari Lahir Pancasila tidak hanya sebagai bentuk penghormatan atas simbol jiwa patriotisme terhadap Pancasila, tetapi juga sebagai momentum untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal ini termasuk dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai petugas Pemasyarakatan.

 

“Kita harus menjadi bagian dari upaya mewujudkan cita-cita negara untuk membangun peradaban yang lebih baik bagi bangsa dan negara. Selain itu, peringatan ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai Pancasila serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

 

Pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Lapas Narkotika Karang Intan berlangsung dengan lancar dan khidmat. 


- Lapas Narkotika Karang Intan

TerPopuler