Dapur Bersih Lapas Narkotika Karang Intan Bersiap Terima Sertifikasi Halal dari MUI

Dapur Bersih Lapas Narkotika Karang Intan Bersiap Terima Sertifikasi Halal dari MUI

07 Juni 2024, 13:09

Bangkapost – Dapur bersih Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, bersiap untuk mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kesiapan itu dimatangkan dengan peninjauan dan pendampingan yang dilakukan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Banjarbaru terhadap dapur bersih Lapas Narkotika Karang Intan, Kamis (6/6).

 

“Pengajuan sertifikasi halal itu ada beberapa tahapan, dan kita masih berproses untuk itu dengan hadirnya penyelia halal dari LPH BSPJI Banjarbaru di Lapas Narkotika Karang Intan. Kunjungan itu selain melihat langsung dapur bersih kita, juga dalam rangka pendampingan, nantinya mereka mengeluarkan dokumen sebagai salah satu syarat pengajuan sertifikasi halal,” terang Kepala Subseksi Bimbingan Kesehatan dan Perawatan, Fitriadi Sukma, Jum’at (7/6).

 

Ia menambahkan, jika berkas lengkap maka akan dilakukan pendaftaran sertifikasi halal secara online. Kemudian akan dilakukan audit oleh LPH BPJSI Banjarbaru terhadap penyelenggaraan makanan pada dapur bersih Lapas Narkotika Karang Intan.

 

Pendaftaran sertifikasi halal dilakukan secara online, termasuk dokumen sistem jaminan produk halal yang nantinya dikeluarkan oleh LPH BPJSI Banjarbaru, yang akan dikirim ke BPJPH Kemenag Pusat. Kemenag akan memverifkasi, hingga nantinya auditor dari LPH BPJSI Banjarbaru datang ke dapur bersih Lapas Narkotika Karang Intan untuk memeriksa kelayakan dikeluarkannya sertifikat halal itu,” tambahnya.

 

Sementara itu, penyelia halal dari LPH BPJSI Banjarbaru, Rais Salim, selepas melakukan peninjauan dan pendampingan menuturkan, secara umum penyelenggaraan makanan pada dapur bersih Lapas Narkotika Karang Intan sudah sesuai standar halal.

 

“Dapur bersih Lapas Narkotika Karang Intan dapat dikatakan sudah sesuai standar halal, tinggal menyiapkan dokumen untuk pengajuan,” pungkas Rais, singkat. 

 

Lapas Narkotika Karang Intan berkomitmen memberikan layanan terbaik terhadap seluruh warga binaan, salah satunya dengan jaminan rasa aman dan nyaman dari peralatan dan bahan makanan halal yang digunakan pada dapur bersih Lapas Narkotika Karang Intan. 


- Lapas Narkotika Karang Intan

TerPopuler