Pimpin Monev Penyerapan Anggaran Triwulan I 2024, Karupbasan Kupang Bahas Perbaikan Nilai IKPA

Pimpin Monev Penyerapan Anggaran Triwulan I 2024, Karupbasan Kupang Bahas Perbaikan Nilai IKPA

22 Mei 2024, 21:07
Bangkapost - Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Karupbasan) Kelas I Kupang, Sahid Andriyanto Arief, memimpin Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penyerapan Anggaran Triwulan I Tahun 2024, Rabu (22/05).

Rapat tersebut dilaksanakan di ruangan Karupbasan Kupang dan diikuti oleh seluruh Pejabat Pelaksana, yakni Kepala Sub Seksi Pengamanan dan Pengelolaan (Pamlola), Rudy J. Nellu, dan Kepala Administrasi dan Pemeliharaan (Minhara), Imang Blegur, serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Surahman Hamzah, Operator General Ledger dan Pelaporan (GLP), Ary O. Donuata, Bendahara, Bahaudin Mudhari MS, dan seluruh Staf Keuangan. Rapat ini juga menjadi atensi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone.

Dalam rapat, Karupbasan Kupang, Sahid Andriyanto Arief, membahas terkait perbaikan nilai Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) dan disiplin pengelolaan keuangan agar pengelolaan keuangan lebih baik dan efisien kedepannya. Sahid menekankan pentingnya evaluasi menyeluruh terhadap proses pengelolaan anggaran yang telah dilakukan pada Triwulan I agar kesalahan atau kekurangan yang terjadi dapat segera diperbaiki.

"Perbaikan nilai IKPA menjadi fokus utama kita saat ini. Dengan IKPA yang baik, kita dapat memastikan bahwa setiap anggaran yang dikeluarkan benar-benar digunakan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas," ujar Andriyanto.

Selain itu, Andriyanto juga menggarisbawahi pentingnya kerjasama antar seluruh bagian di Rupbasan Kupang. "Setiap bagian harus memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing serta bekerja secara sinergis. Hanya dengan kerjasama yang baik, kita dapat mencapai target penyerapan anggaran yang optimal dan memperbaiki nilai IKPA," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sub Seksi Pamlola, Rudy J. Nellu, memberikan laporan mengenai perkembangan penyerapan anggaran di bagiannya. "Kita telah mencapai beberapa target, namun masih ada beberapa kendala yang perlu segera diselesaikan. Dengan rapat ini, diharapkan kita dapat menemukan solusi yang efektif," kata Rudy.

Sementara itu, Kepala Administrasi dan Pemeliharaan, Imang Blegur, menyampaikan bahwa pentingnya disiplin dalam pencatatan dan pelaporan keuangan. "Kedisiplinan dalam administrasi keuangan adalah kunci untuk menghindari kesalahan dan memastikan semua dana digunakan sesuai dengan rencana," ujar Imang.

Rapat Monev ini diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut untuk Triwulan II, dengan fokus pada perbaikan sistem pengelolaan keuangan dan peningkatan nilai IKPA. Semua pihak berkomitmen untuk bekerja lebih keras dan lebih cermat dalam pengelolaan anggaran di masa mendatang. 

- Rupbasan Kupang 

TerPopuler