Kanwil Kemenkumham Sulteng Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024

Kanwil Kemenkumham Sulteng Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024

20 Mei 2024, 16:19
Bangkapost – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 Tahun 2024 dengan penuh khidmat, Senin, (20/5/2024).

Dipusatkan di Lapangan Upacara Kanwil, prosesi tersebut diikuti oleh pejabat tinggi pratama, pejabat administrator dan pengawas, staf, PPNPN hingga para calon pegawai negeri sipil di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Dengan Tema Harkitnas tahun 2024 yaitu “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”, Kepala Divisi Keimigrasian, Arief Hazairin Satoto yang menjadi pembina upacara dengan lantang membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI.

Dalam sambutan tersebut, bangsa Indonesia diimbau untuk terus melanjutkan semangat kebangkitan nasional yang sebelumnya telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini, kata Menkominfo, bangsa Indonesia mesti menghadapai beragam tantangan dan peluang baru, kemajuan teknologi menjadi atensi dalam sambutannya.

"Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner,” sadur Arief Hazairin.

Meski begitu, Arief melanjutkan bahwa dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. Ia juga mengatakan, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“Potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap. Perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6 hingga 7% untuk dapat mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2045,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar juga berpesan kepada seluruh jajarannya, momentum Harkitnas mesti direfleksikan dengan semangat untuk meningkatkan pelayanan guna meraih berbagai prestasi.

Hermansyah Siregar mengingatkan agar seluruh jajarannya untuk lebih meningkatkan profesionalitas dan kapabilitas dalam bekerja. Predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani jadi fokus utamanya.

“Harkitnas ini jadi alarm juga buat kita untuk lebih siap lagi berjuang meningkatkan kualitas mutu pelayanan, masyarakat puas atas layanan, prestasi akan kita raih bersama-sama,” pungkas Hermansyah Siregar.

Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme para pegawai Kanwil Kemenkumham Sulteng, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 

TerPopuler