Tradisi Ketupat Lebaran di Rutan Palu Dapatkan Apresiasi Kakanwil Kemenkumham Sulteng

Tradisi Ketupat Lebaran di Rutan Palu Dapatkan Apresiasi Kakanwil Kemenkumham Sulteng

11 April 2024, 07:56
Bangkapost – Ketupat lebaran yang merupakan tradisi makan bareng jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu bersama warga binaan dapatkan apresiasi positif dari Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Rabu (10/4).

Dukungan dan apresiasi disampaikan saat Kakanwil bersama jajaran meninjau langsung rangkaian kegiatan peringatan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Rutan Palu. Pada kesempatan ini, Kakanwil yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dicky Dwi Biantoro bersama jajaran Rutan Palu duduk bersama warga binaan untuk mencicipi hidangan khas Idul Fitri yang disediakan.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata pembinaan kepribadian bagi warga binaan untuk membangun rasa kebersamaan dan kekeluargaan, terlebih dalam momen menyambut Hari Raya Idul Fitri," ujar Hermansyah.

“Tradisi Makan Bareng ini menjadi momen spesial bagi para warga binaan untuk merasakan kebersamaan dan kehangatan hari raya Idul Fitri di tengah masa pembinaan,” tambah Kakanwil.

Mewakili Kepala Rutan Palu, Herdi selaku Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan mengungkapkan bahwa tradisi Ketupat Lebaran atau Makan Bareng ini rutin diadakan setiap tahun saat Hari Raya Idul Fitri.

“Makan bareng ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan komunikasi antara warga binaan dan petugas serta agar warga binaan merasakan suasana lebaran meski sedang menjalani pembinaan di Rutan Palu,” ujar Herdi. 

- Rutan Palu

TerPopuler