Tingkatkan Kinerja Kehumasan, Tim Humas Rutan Palu Ikuti Sosialisasi Monitoring Media di Lingkungan Kemenkumham

Tingkatkan Kinerja Kehumasan, Tim Humas Rutan Palu Ikuti Sosialisasi Monitoring Media di Lingkungan Kemenkumham

04 April 2024, 13:13
Bangkapost – Tingkatkan pengetahuan terkait aplikasi monitoring media konvensional, Tim Humas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah mengikuti sosialisasi monitoring media dilingkungan Kemenkumham, Rabu (3/4).

Sosialisasi ini diselenggarakan secara daring oleh Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama (Hukerma) Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM yang diikuti oleh Tim Kehumasan lainnya dari Satker Kemenkumham se-Indonesia. Pada Kesempatan ini, bertempat di Meeting Room Rutan, kegiatan ini diikuti oleh Kepala Subseksi Pengelolaan yang juga menjabat sebagai Koordinator Humas Rutan Palu, Radotman Sinaga, bersama Tim Humas Rutan Palu.

Bertema Monitoring dan Analisis Media, Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala Biro Hukerma, Hantor Situmorang dan menghadirkan narasumber dari Kurasi Media Nusantara Timothy Gerard, di mana Kurasi Media Nusantara ini merupakan salah satu analis media yang bekerja sama dengan Biro Hukerma dalam melakukan monitoring dan analisa pemberitaan Kemenkumham.

Dalam sambutannya, Hantor Situmorang mengharapkan jajaran kemenkumham dibidang kehumasan agar lebih giat mengeluarkan pemberitaan yang mendorong kinerja kehumasan maupun citra positif Kemenkumham.

Dari hasil pantauan terhadap pemberitaan Kemenkumham se-Indonesia tersebut disimpulkan bahwa masih diperlukannya persamaan persepsi untuk meningkatkan citra Kemenkumham di mata masyarakat. Selain itu, kedepannya akan dikumpulkan dan diseragamkannya keyword dan topik yang digunakan untuk memungkinkan meningkatkannya jumlah pengunjung pada setiap laman web di masing - masing Kanwil Kemenkumham.

Usai mengikuti Sosialisasi, Radotman Sinaga memberikan arahan kepada Tim Humas Rutan Palu untuk melakukan monitoring pada media sosial maupun berita online guna mengidentifikasi isu-isu strategis yang terkait dengan Kemenkumham serta melakukan respon yang cepat dan tepat terhadap isu-isu negatif tersebut.

- Rutan Palu

TerPopuler