Selain Tatap Muka, Rutan Palu Juga Fasilitasi Warga Binaan Rayakan Idul Fitri Secara Online dengan Keluarga

Selain Tatap Muka, Rutan Palu Juga Fasilitasi Warga Binaan Rayakan Idul Fitri Secara Online dengan Keluarga

12 April 2024, 15:44
Bangkapost - Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi setiap muslim di dunia, usai menahan diri godaan dengan berpuasa di bulan Suci Ramadhan. Hari Raya ini pun menjadi moment yang sangat dinantikan oleh semua orang untuk bersilaturahmi bersama keluarga, tak terkecuali Warga Binaan di Rutan Kelas IIA Palu.

Dalam merayakan Idul Fitri 1445 H, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng Fasilitasi Warga Binaannya untuk bersilaturahmi bersama Keluarga. Tidak hanya secara tatap muka, layanan tersebut juga diberikan secara virtual atau online melalui video teleconference.

Fasilitas tersebut adalah SAPA Keluarga, layanan Kunjungan Rutan Palu yang berbasis elektronik dengan konsep video call yang ditujukan untuk warga binaan yang keluarganya tidak dapat berkunjung langsung atau terhalang yang jauh.

Melalui layanan ini, warga binaan dapat tetap bertegur sapa dan bersilaturahmi merayakan idul fitri dengan keluarga tercinta walau terhalang oleh kondisi dan jarak.

Kepala Rutan Palu, Yansen, menuturkan bahwa kehadiran layanan menjadi bentuk komitmen Rutan Palu untuk semaksimalkan memenuhi hak-hak warga binaan terkhusus di hari-hari besar keagamaan.

"Ini merupakan hari yang gembira, hari idul fitri yang menjadi moment hangat berkumpul dengan keluarga, oleh karenanya kami mengupayakan agar semua warga binaan kami bisa bersilaturahmi dengan keluarganya apapun kondisinya. SAPA keluarga ini hadir sebagai alat mempermudah sebagai warga binaan yang tidak bisa bertemu langsung dengan keluarganya," jelas Karutan.

Layanan ini pun terpantau digunakan dengan antusias oleh warga binaan saat hari raya dengan tetap disertai pengawasan oleh petugas.

- Rutan Palu 

TerPopuler