Pastikan Keamanan Jelang Lebaran, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Pimpin Apel Siaga dan Penggeledahan pada Rutan Donggala

Pastikan Keamanan Jelang Lebaran, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Pimpin Apel Siaga dan Penggeledahan pada Rutan Donggala

06 April 2024, 05:52
Bangkapost - Dalam rangka meningkatkan pengawasan dan keamanan di lembaga pemasyarakatan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar bersama dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas),Ricky Dwi Biantoro memimpin Apel Siaga yang dilanjutkan dengan operasi penggeledahan di Rumah Tahanan (Rutan) Donggala. Operasi ini dilaksanakan dalam rangka menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Jum'at (05/04).

Dalam operasi ini, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, bersama dengan Kadivpas serta petugas terkait, melakukan penggeledahan menyeluruh terhadap seluruh area di Rutan Donggala. Tujuan utama dari penggeledahan ini adalah untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang, memastikan keamanan dan ketertiban di dalam rutan, serta menjaga kenyamanan bagi narapidana yang sedang menjalani masa hukuman. Kegiatan tersebut, melibatkan instansi terkait, TNI dan juga Polri.

Menyikapi pentingnya keamanan dan ketertiban di lembaga pemasyarakatan, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menegaskan bahwa operasi penggeledahan rutin akan terus dilakukan secara berkala. "Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan di dalam lembaga pemasyarakatan, terutama menjelang momen-momen penting seperti Hari Raya Idul Fitri. Operasi penggeledahan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan keamanan, ketertiban, dan kelancaran pelaksanaan tugas di Rutan Donggala," ujar Hermansyah Siregar.

Sementara itu, Kadivpas Kemenkumham Sulteng, Ricky Dwi Biantoro, menambahkan bahwa operasi penggeledahan tersebut juga sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap potensi kerawanan yang mungkin terjadi di dalam rutan. "Kami tidak hanya fokus pada pengamanan dari luar, tetapi juga sangat memperhatikan keamanan di dalam rutan itu sendiri. Dengan adanya operasi penggeledahan seperti ini, kami berharap dapat menemukan dan mengantisipasi segala potensi gangguan atau pelanggaran yang mungkin terjadi," ungkap Ricky.

Operasi penggeledahan yang dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulteng ini merupakan salah satu bentuk mitigasi resiko dan pengawasan pada lapas maupun rutan.

Dengan dilaksanakannya operasi penggeledahan ini, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh narapidana yang berada di Rutan Donggala serta mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran hukum di dalam lembaga pemasyarakatan tersebut. 

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 

TerPopuler