Berbagi Kehangatan, Rutan Palu Fasilitasi Warga Binaan Buka Puasa Bersama Keluarga

Berbagi Kehangatan, Rutan Palu Fasilitasi Warga Binaan Buka Puasa Bersama Keluarga

05 April 2024, 09:05
Bangkapost - Berbagi kehangatan di bulan suci Ramadhan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng fasilitasi para warga binaan untuk bisa berbuka puasa bersama keluarganya, Jum'at (5/4).

Bertempat di Aula Pogombo Rutan Palu, tampak suasana hangat, bahagia hingga haru menyelimuti para warga binaan dan keluarga yang berkunjung saat menikmati waktu berbuka puasa bersama.

"Inisiatif Kegiatan ini kami selenggarakan sebagai untuk membangun silaturahmi warga binaan dengan keluarganya agar kenikmatan, keberkahan, dan kegembiraan bulan suci ramadhan bisa dirasakan oleh semunya, ini juga menjadi salah satu upaya kami dalam pemenuhan hak warga binaan dengan menciptakan momen yang mungkin tidak bisa terjadi di hari-hari biasa," ujar Kepala Rutan Palu, Yansen.

Di kesempatan yang sama, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan Rutan Palu, Herdi, yang juga turut mengawasi jalannya bukber tersebut mengatakan bahwa pihaknya menyusun konsep yang sedemikian rupa untuk acara berbuka ini sehingga keberlangsungannya dipastikan aman dan tertib.

"Tiga hari sebelum pelaksanaan kami telah merampungkan konsepnya dengan baik mulai dari alur pendaftara, tempat pelaksanaan berbuka, pengawasannya, sampai dengan lama waktu kunjungannya telah kami atur sehingga pelaksanaannya terawasi dengan baik," tambah Herdi.

Sementara itu, pada kesempatan ini juga. para keluarga atau pengunjung diperbolehkan membawa makanan berbuka puasa atau takjil masing-masing ke lokasi kegiatan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, mengapresiasi kegiatan buka bersama ini dan berharap kegiatan serupa juga dapat diselenggarakan di UPT Pemasyarakatan di Sulawesi Tengah.

"Kami berterimakasih dan mengapresia langkah inisiatif yang diambil Rutan dalam menciptakan kegiatan positif untuk warga binaan di bulan Ramadhan, harapan kami kegiatan semacam ini juga bisa segera dilaksanakan di Unit Pelaksana teknis lainnya," puji Kakanwil. 

- Rutan Palu

TerPopuler