Safari Ramadhan, Momentum Memperkuat Iman dan Takwa Bagi Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng

Safari Ramadhan, Momentum Memperkuat Iman dan Takwa Bagi Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng

19 Maret 2024, 04:05
Bangkapost – Hari ke 7 Ramadhan 1445 Hijriah, Kanwil Kemenkumham Sulteng menyelenggarakan Safari Ramadhan. Tidak hanya diikuti oleh umat muslim dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sulteng, kegiatan tersebut juga diikuti oleh umat non muslim baik Kantor Wilayah, UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi, Senin (18/3).

Kegiatan ini digelar guna menambah ketakwaan dan mempertebal keimanan jajaran Pegawai Kemenkumham Sulteng di Bulan suci Ramadhan. Kegiatan diawali oleh sambutan Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar dan dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ustad Dr. H. Taufik Abdur Rahim.

“sebagai umat islam kita patut bersyukur masih dipertemukan bulan suci Ramadhan di tahun ini. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dirindukan oleh seluruh umat muslim. Di bulan Ramadhan amal kebaikan umat muslim akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda bahkan bila menjalani puasa dengan sempurna,” Ungkap Kakanwil Hermansyah Siregar.

Lebih lanjut Kakanwil Hermansyah Siregar menyampaikan kewajiban berpuasa ditegaskan Allah SWT melalui surah Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

“Hakikat puasa adalah menahan diri dengan tidak makan-minum selama seharian, serta menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa, di bulan puasa ini orang dilatih untuk mengendalikan hawa nafsu” pesannya.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Shalat magrib dan Tarawih berjamaah yang dlaksanakan pada Aula Garuda Kantor Wilayah yang imami oleh H burhan munawir. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kadiv Pemasyarakatan, Ricky Dwi Biantoro, Kadiv Imigrasi, Arief Hazairin Satoto serta Plh. Kadiv Yankumham, Herlina. 

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 

TerPopuler