Program Kemandirian Lapas Narkotika Karang Intan Hasilkan Panen Kangkung Hingga 60 Kilogram

Program Kemandirian Lapas Narkotika Karang Intan Hasilkan Panen Kangkung Hingga 60 Kilogram

06 Maret 2024, 11:43

Bangkapost – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan panen sayur kangkung pada lahan perkebunan program kemandirian warga binaan di area Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas. Panen kangkung kali ini cukup melimpah, yakni menghasilkan berat hingga mencapai 60 kilogram.

 

“Kita panen kangkung pada lahan perkebunan program kemandirian warga binaan, dan cukup banyak kangkung yang dihasilkan yakni lebih dari 60 kilogram,” ungkap pelaksana Subseksi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil Kerja, Muhammad Riza, Rabu (6/3).

 

Dirinya menambahkan, kangkung yang tumbuh subur pada lahan perkebunan tidak lepas dari kerja keras dan kedisiplinan warga binaan dalam merawat dan menjaga sayur-sayur tersebut. Hasil panen kemudian masuk ke dapur Lapas untuk diolah menjadi bahan makanan guna mencukupi kebutuhan warga binaan.

 

“Kangkung hasil panen kita jual dengan pihak ketiga yang juga bekerjasama dengan Lapas Narkotika Karang Intan, memasok bahan kebutuhan makanan Lapas. Jadi, kangkung tersebut nanti dinikmati lagi oleh warga binaan. Hasil penjualan menjadi komponen dalam pemenuhan Penerimaan Negara Bukan Pajak dari Lapas Narkotika Karang Intan,” sambungnya.

 

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, menuturkan berbagai program kemandirian yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan tesebut menjadi kegiatan positif yang bisa diikuti warga binaan selama menjalani pembinaan di Lapas.

 

“Panen kangkung ini bagian dari program kemandirian yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan untuk warga binaan, sebagai bekal bagi mereka sebelum nantinya kembali ke masyarakat setelah selesai menjalani pembinaan di Lapas. Dari bekal yang disiapkan ini, nantinya mereka memiliki nilai diri yang berguna untuk menjalani kehidupan pasca menjalani pembinaan di sini,” pungkasnya.


- Lapas Narkotika Karang Intan

TerPopuler