Laksanakan Kunjungan Tatap Muka, Karutan : Keluarga Memiliki Peran Penting Dalam Proses Pemulihan dan Pembinaan

Laksanakan Kunjungan Tatap Muka, Karutan : Keluarga Memiliki Peran Penting Dalam Proses Pemulihan dan Pembinaan

26 Maret 2024, 12:20
Bangkapost – Penuhi hak warga binaan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) melaksanakan kunjungan tatap muka bagi keluarga dan warga binaan, Selasa (26/3).

Kepala Rutan Palu, Yansen menuturkan bahwa selain sebagai wujud pemenuhan hak warga binaan, kunjungan tatap muka ini sangat penting dalam proses pemulihan warga binaan.

“Kami percaya bahwa dukungan keluarga adalah kunci penting dalam proses pemulihan mental dengan memberikan dukungan psikologis sehingga dapat menyukseskan proses pembinaan bagi warga binaan,” ujar Yansen.

"Hubungan yang kuat dengan keluarga merupakan faktor penting dalam pemulihan warga binaan. Kunjungan tatap muka ini memberikan kesempatan bagi warga binaan untuk bertemu dengan kerabat dan keluarga, berbicara, serta berbagi momen bersama. Ini adalah langkah positif dalam mempersiapkan mereka untuk kembali ke masyarakat," tuturnya.

“Sebelum bertemu dengan warga binaan yang bersangkutan, keluarga pengunjung akan melewati prosedur/tata cara layanan kunjungan tatap muka sesuai aturan yang berlaku, yaitu pendaftaran, penggeledahan barang bawaan menggunakan X-RAY dan penggeledahan badan secara langsung serta menggunakan walkthrough metal detector,” jelas Karutan.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, ungkapkan bahwa selain untuk menjaga tali silaturahmi dengan keluarga, fasilitas layanan kunjungan juga berperan penting dalam proses penyesuaian warga binaan saat kembali bersosialisasi ke dalam masyarakat. 

“Diharapkan layanan kunjungan tatap muka ini dapat membantu dalam proses pemulihan dan persiapan warga binaan di Rutan Palu untuk kembali ke masyarakat sebagai individu yang lebih baik,” tutur Hermansyah. 

- Rutan Palu

TerPopuler