Kembali Gelar Pemeriksaan Rutin, Rutan Palu Pastikan Kesehatan Warga Binaannya Terjaga Selama Bulan Ramadhan

Kembali Gelar Pemeriksaan Rutin, Rutan Palu Pastikan Kesehatan Warga Binaannya Terjaga Selama Bulan Ramadhan

26 Maret 2024, 16:08
Bangkapost - Mendapatkan perawatan dan pelayanan kesehatan yang layak merupakan salah satu hak Warga Binaan. Dalam mewujudkan pemenuhan tersebut, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu mengadakan program pelayanan kesehatan bekerja sama dengan Puskesmas Birobuli Kota Palu, Selasa (26/3).

Bertempat di Klinik Rutan Sehat, Perawat Rutan Palu, Prisky Maradin, menyebutkan bahwa kegiatan pemeriksaan ini lakukan secara rutin guna memastikan warga binaan semuanya dalam kondisi yang sehat dan tidak terjangkit penyakit.

“Setiap sepekan sekali kami rutin melaksanakan giat pemeriksaan ini dengan menggandeng Puskesmas Birobuli, Setelah dilakukan pemeriksaan, warga binaan nantinya akan diberikan terapi atau obat sesuai dengan keluhan yang dialami serta vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuhnya,” ungkapnya.

Sebanyak 29 orang warga binaan antusias dilakukan pemeriksaan kesehatan, dr. Rhay Razaki selaku Dokter Umum yang menangani pemeriksaan tersebut mengapresiasi warga binaan di Rutan Palu. 

“Saya salut dengan warga binaan disini yang sangat koorperatif sehingga proses pemeriksaan dapat berjalan dengan baik,” tuturnya. Dokter Rhay juga mengungkapkan bahwa sebagian besar warga binaan yang melakukan pemeriksaan datang dengan keluhan gatal-gatal dan batuk-pilek.

Kepala Rutan Palu, Yansen, menyampaikan bahwa selama bulan Ramadhan Pihaknya akan terus memastikan kesehatan warga binaan dijaga dan dirawat sesuai ketentuan yang ada.

"Selama berpuasa ini kesehatan mereka akan menjadi prioritas utama kami, kami pastikan setiap layanan kesehatan rutan dapat di akses oleh para warga binaan sesuai aturan berlaku yang ada," tutup Karutan. 

- Rutan Palu

TerPopuler