Gelar Pemeriksaan Kesehatan, Rutan Palu Berikan Pelayanan Prima di Bulan Ramadhan

Gelar Pemeriksaan Kesehatan, Rutan Palu Berikan Pelayanan Prima di Bulan Ramadhan

16 Maret 2024, 12:32
Bangkapost – Wujudkan pelayanan kesehatan prima di bulan ramadhan,
Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukun dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) gelar pemeriksaan keseharan warga binaan bersama Puskesmas Birobuli, Sabtu (16/3).

Kepala Rutan Palu, Yansen, menjelaskan kegiatan ini sebagai upaya untuk memastikan kesehatan warga binaan tetap terjaga dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal khususnya di Bulan Ramadhan agar mereka dapat mengikuti pembinaan dengan baik walapun sedang berpuasa.

“Kami menggelar pemeriksaan kesehatan yang bekerja sama dengan dokter dari Puskesmas Birobuli. Hal ini merupakan bentuk kolaborasi kami bersama instansi terkait dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi warga binaan,” jelas Yansen.

“Melalui program pemeriksaan kesehatan rutin ini, kami terus berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan mendukung warga binaan untuk terus membangun pola hidup yang lebih baik selama menjalani masa pembinaan di Rutan Palu,” tambahnya.

Bertempat di Klinik Rutan Sehat, dua puluh sembilan (29) orang warga binaan melakukan konsultasi terkait kesehatannya yang ditangani oleh dr Rey Razaki bersama perawat Klinik Rutan Sehat. Pada kesempatan ini, warga binaan diberikan obat-obatan sesuai keluhan dan edukasi terkait pola hidup bersih dan sehat.

Di tempat lain, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menuturkan bahwa pelayanan kesehatan merupakan hak dasar yang wajib dipenuhi bagi warga binaan yang sedang menjalani masa pembinaan di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rutan dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di seluruh wilayah Sulteng.

“Kolaborasi bersama Dinas Kesehatan dan pihak terkait lainnya menjadi kunci utama kami dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh warga binaan. Harapannya, seluruh warga binaan selalu dalam keadaan sehat sehingga dapat mengikuti setiap program pembinaan dengan baik,” tutur Hermansyah.

- Rutan Palu

TerPopuler