Sapa Keluarga, Layanan Kunjungan Berbasis Elektronik Melepas Rindu Bagi Warga Binaan Rutan Palu

Sapa Keluarga, Layanan Kunjungan Berbasis Elektronik Melepas Rindu Bagi Warga Binaan Rutan Palu

22 Februari 2024, 11:39
Bangkapost – Layanan sapa keluarga merupakan inovasi layanan kunjungan bagi warga binaan yang berbasis elektornik melalui video call. Layanan ini adalah aksi perubahan yang difasilitasi oleh Rutan Palu sebagai sarana kunjungan online warga binaan dengan keluarga yang belum sempat berkunjung langsung, Kamis (22/2).

Layanan ini selalu menjadi fasilitas favorit dari para warga binaan yang terhalang jarak yang jauh dari keluarga. Dengan menggunakan akses Video Call Whatsapp yang dirangkai dalam satu sistem internet Rutan Palu, layanan ini memberi kemudahan bagi warga binaan untuk bertegur sapa dengan keluarga.

“Seperti biasanya layanan Sapa Keluarga, menjadi favorit bagi mereka (warga binaan) yang dengan kondisi yang ada betul-betul tidak bisa bertemu dengan keluarganya yang datang langsung ke Rutan, layanan ini gratis tidak dipungut biaya apapun,” jelas Surianto Mahendra Naburaju, Staf Pelayanan Tahanan saat mengawasi jalannya pelayanan sapa kelaurga.

Selain itu, dalam pelaksanaannya, penggunaan layanan ini selalu diawasi dan dipandu oleh para petugas untuk keamanan dan ketertiban dari para warga binaan.
"Penggunaan layanan ini juga kami awasi, kami pandu mereka terkait cara menggunakan aplikasinya dan kami beri petunjung terkait waktu dan tata tertib pelaksanaannya," tambah Surianto.

Disamping itu, Kepala Rutan Palu, Yansen, menuturkaan bahwa pihaknya memfasilitasi layanan kunjungan seperti ini sebagai bentuk pelayanan prima dan pemenuhan hak bagi warga binaan.

“Dengan layanan sapa keluarga, warga binaan dapat bersilaturahmi dengan keluarga yang belum sempat berkujung atau berada di luar daerah, ini sebagai komitmen nyata dari kami memenuhi hak warga binaan,” tutur Karutan.

- Rutan Palu

TerPopuler