Lakukan Kontrol Rutin, Rutan Palu Pastikan Penyelenggaraan Makan dan Minum Warga Binaan Sesuai Standar

Lakukan Kontrol Rutin, Rutan Palu Pastikan Penyelenggaraan Makan dan Minum Warga Binaan Sesuai Standar

23 Februari 2024, 10:50
Bangkapost – Pastikan kegiatan penyelenggaraan makan dan minum warga binaan berjalan sesuai standar, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah lakukan kontrol dapur secara rutin, Jumat (23/2).

Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Herdi, menjelaskan bawah pihaknya melakukan kontrol dapur secara rutin seperti pengecekan kebersihan, bahan makanan mentah, pengolahan dan pendistribusian makanan kepada warga binaan.
“Dalam Standar Operasional Prosedur , terdapat ketentuan bahwa porsi makanan yang diterima oleh warga binaan harus sesuai dengan siklus menu dan angka kecukupan gizi yang telah ditentukan setiap harinya. Dengan Pengawasan yang rutin dilakukan kami pastikan bahwa kebutuhan gizi dan kesehatan warga binaan terjaga dengan baik,” tutur Herdi.

Pada kegiatan kontrol ini, Pengawas Dapur Rutan, Septiansyah memberikan arahan kepada tahanan pendamping yang bertugas didapur untuk menjaga kebersihan lingkungan, mengawasi proses pegolahan, penyajian dan pendistribusian makanan kepada warga binaan.

Sementara itu, Kepala Rutan Palu, Yansen, menjelaskan bahwa petugas juga diberikan tanggung jawab untuk mencicipi sampel makanan sebelum didistribusikan. Tindakan ini diharapkan dapat memastikan bahwa setiap hidangan yang disajikan memenuhi standar kebersihan dan kelezatan yang diinginkan.

“Kami pastikan kegiatan penyelenggaraan makan dan minum di Rutan Palu berjalan dengan optimal. Dengan pengawasaan rutin, diharapkan kualitas makanan dan minuman yang diberikan sesuai dengan standar yang berlaku dan sesuai dengan prinsip-prinsip hak asasi dan kesejahteraan warga binaan,” harap Yansen.

- Rutan Palu

TerPopuler