Kalapas Samarinda Hudi Ismono Terima Kunjungan Kakanwil & Kadivpas Kemenkumham Kaltim, Guna Kawal Pelaksanaan Pemilu di Lapas dan Rutan

Kalapas Samarinda Hudi Ismono Terima Kunjungan Kakanwil & Kadivpas Kemenkumham Kaltim, Guna Kawal Pelaksanaan Pemilu di Lapas dan Rutan

14 Februari 2024, 14:39
Bangkapost - Samarinda. Dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang demokratis dan berjalan lancar, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Timur, Gun Gun Gunawan didampingi oleh Kadivpas Heri Azhari memastikan pengawasan yang ketat di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) dan Rutan (Rumah Tahanan) di wilayahnya dengan melakukan peninjauan langsung, termasuk Lapas Kelas IIA Samarinda pimpinan Kalapas Hudi Ismono pada Rabu, (14/2).


Langkah-langkah pengamanan dan pengawasan telah diterapkan untuk memastikan pemilu di Lapas dan Rutan berjalan dengan aman dan terkendali. Jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim melalui Divisi Pemasyarakatan berkoordinasi  dengan instansi terkait, termasuk KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) serta pihak Kepolisian setempat guna menjamin integritas dan transparansi selama proses pemungutan suara.

Selain itu, Gun Gun Gunawan juga mengimbau kepada seluruh petugas di Lapas dan Rutan serta pihak terkait untuk tetap menjaga netralitas dan tidak memberikan dukungan kepada calon tertentu secara terbuka. 


Kakanwil menegaskan hal ini sejalan dengan prinsip netralitas aparat dalam proses pemilu.
Kemenkumham Kaltim akan terus mengawal proses pemilu di Lapas dan Rutan hingga selesainya seluruh tahapan pemungutan suara.  

"Kami berharap pelaksanaan pemilu di fasilitas pemasyarakatan dapat menjadi contoh yang baik bagi wilayah lainnya dalam menjalankan proses pemilu yang adil dan transparan," pungkasnya.

Sementara itu Kalapas Samarinda Hudi Ismono dan Jajaran akan terus mempedomani dan melaksanakan jukrah yang telah diberikan demi WBP Lapas Kelas IIA Samarinda dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman dan tertib sesuai arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltim Gun Gun Gunawan dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Heri Azhari.

TerPopuler