Peduli Kesehatan WBP, Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui Kasi Binadik & Petugas Kesehatan Lakukan Penyuluhan Tentang Diabetes Mellitus bagi WBP Lapas Samarinda

Peduli Kesehatan WBP, Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui Kasi Binadik & Petugas Kesehatan Lakukan Penyuluhan Tentang Diabetes Mellitus bagi WBP Lapas Samarinda

10 Januari 2024, 14:01
Bangkapost - Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Samarinda Kemenkumham Kaltim melaksanakan Penyuluhan Tentang Diabetes Mellitus Type II bagi warga binaan, seperti yang terlihat di pagi ini, Kalapas Samarinda Hudi Ismono melalui Kasi Binadik Pariadi dan Dokter serta Petugas kesehatan melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada WBP bertempat di lapangan lapas usai senam jasmani WBP, Rabu (10/01/2024).

Kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali, begitu juga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara (Lapas/Rutan) yang harus mendapat pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik.

Pelayanan yang tersedia bersifat komprehensif yang meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, rujukan ke pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan.

Seperti yang disampaikan oleh dokter Lapas Wildan Moulddina yang didampingi oleh tim perawat, bahwa kegiatan penyuluhan diabetes mellitus bertujuan memberikan pengetahuan tentang DM Type II dan cara mencegah komplikasi DM Type II sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya Komplikasi akibat DM Type II.

Kegiatan Penyuluhan dimulai dengan Pengarahan oleh Kasibinadik (Pariadi) kemudian dilanjutkan arahan Kasubsi Bimaswat (Ali Yunus) tentang Pelaksanaan Integrasi yang sudah memenuhi syarat, kemudian pemberian Materi oleh Dokter Lapas (dr.  Wildan Moulddina), serta tanya jawab tentang materi.

“Kita disini bekerja dalam satu tim, dokter, perawat dan tim kesehatan lainnya bahu membahu melayani WBP lapas samarinda terkait dengan masalah kesehatan yang mereka alami, diharapkan melalui kegiatan penyuluhan ini mereka dapat lebih aware terhadap permasalahan penyakit diabetes, jika terdapat gejala atau keluhan dapat segera ke klinik untuk berkonsultasi” ujar Pariadi selaku Kasi Binadik.

Diharapkan dengan giat ini dapat meningkatkan pelayanan terhadap warga binaan sesuai arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltim Gun Gun Gunawan dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Heri Azhari.

- Lapas Samarinda

TerPopuler