Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Apel Siaga Nataru 2023 dan Deklarasi Netralitas Pemilu 2024

Kanwil Kemenkumham Sulteng Gelar Apel Siaga Nataru 2023 dan Deklarasi Netralitas Pemilu 2024

20 Desember 2023, 08:56
Bangkapost - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) Gelar Apel Siaga Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan Deklarasi Netralitas Pemilu Tahun 2024, Rabu, (20/12/2023) pagi.

Dipusatkan di Lapangan Upacara Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hermansyah Siregar serta turut dihadiri oleh unsur pemerintah daerah dan berbagai unsur forum komunikasi pimpinan daerah seperti Kejaksaan Tinggi, Korem 132 Tadulako, Kepolisian Daerah Sulteng hingga perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum Sulteng.

Hermansyah menyebutkan bahwa kegiatan apel siaga serentak tersebut menjadi langkah strategis bersama di jajaran pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam menjaga kelancaran serta mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di UPT Pemasyarakatan yang berpotensi selama Perayaan Nataru 2023/2024.

“Ada 15 poin penting yang diamanatkan kepada seluruh insan pemasyarakatan dalam menghadapi Nataru, hal itu pun mesti terus diikuti dengan tetap melaksanakan 3 kunci pemasyarakatan maju dan back to basic. Kedepan kita akan menghadapi moment penting yang tentunya akan kita laksanakan secara bersama-sama yaitu pelaksanaan natal bagi saudara kita umat kristiani serta menyambut pergantian tahun baru 2024, ini mesti kita pastikan agar berjalan dengan aman dan kondusif,” jelas Hermansyah.

Dirinya pun mengimbau agar seluruh petugas pemasyarakatan untu terus bersama-sama menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan mengedepankan asas nilai PASTI serta memastikan kesiapan tanggap darurat dipersiapkan secara tepat dan terukur.

“Tetaplah berpegang teguh pada tata nilai kita, pastikan segala bentuk kesiapan keamanan, operasional pelayanan publik serta kesiapan tanggap darurat harus dipersiapkan secara tepat dan terukur demi terciptanya kondusifitas dalam perayaan Nataru,” imbuhnya.

Bersama dengan para Kepala Divisi, Pejabat Administrator dan Pengawas, serta seluruh Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Sulteng, Hermansyah pun turut melaksanakan deklarasai netralitas Pemilu Tahun 2024, ia meminta agar seluruh jajarannya terus menjaga integritas serta menciptakan suasana damai dalam menyambut pesta demokrasi.

“Saya harap agar seluruh jajaran betul-betul taat pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 2 yang menyatakan setiap pegawai ASN harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu. Integritas dan kedamaian harus kita jaga bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam rangka peringatan Hari Natal, pihaknya pun telah melakukan pendataan kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan yang berhak mendapatkan remisi khusus Natal, saat ini terdata 251 orang telah diusulkan untuk menerima remisi.

“Kita juga nanti akan memberikan remisi khusus Natal bagi saudara-saudara kita yang berada didalam Lapas dan Rutan, ini adalah hak mereka, suka cita untuk mereka yang telah baik dalam proses pembinaannya,” tutupnya.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng

TerPopuler