Rutan Palu Terapkan Budaya Hidup Bersih Kepada Warga Binaan

Rutan Palu Terapkan Budaya Hidup Bersih Kepada Warga Binaan

04 Juni 2024, 13:32
Bangkapost - Menjaga kesehatan warga binaan telah menjadi tuntutan tugas yang wajib dilaksanakan oleh setiap Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan. Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng menerapkan budaya hidup bersih kepada warga binaannya untuk mewujudkan hal tersebut.

Kabar itu dibuktikan dengan diadakannya kegiatan bersih-bersih rutin di blok hunian yang dilakukan oleh Warga binaan Rutan Palu dengan di dampingi petugas, Selasa (4/6). Kegiatan pembersihan meliputi halaman kamar hunian, tempat berwudhu, dan area sekitar lapangan olahraga.

Fredy, Wakil Kepala Regu Pengamanan (Wakarupam) yang bertugas saat itu menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan imbauan dari Kepala Rutan Kelas IIA Palu, Yansen, agar terus memastikan lingkungan di dalam blok tetap bersih dan jauh dari potensi berkembangnya penyakit.

"Ini telah menjadi atensi langsung dari bapak Karutan agar area kamar hunian juga halaman blok tetap bersih dan tampak indah, ini menunjuang untuk kepentingan kesehatan warga binaan," tutur Fredy.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, menegaskan bahwa setiap petugas pemasyarakatan wajib mamastikan setiap warga binaan dalam kondisi tubuh sehat setiap menjalani kegiatan pembinaan.

"Saya menenkankan kepada seluruh jajaran khususnya di UPT agar memperhatikan betul kesehatan warga binaan, jangan sampai pembinaan jadi tidak maksimal karena terkendala kesehatan," pesannya. 

- Rutan Palu 

TerPopuler