Plh Kakanwil Kemenkumham Sulut: Implementasikan Kesiapsiagaan dan Kemampuan Kita dalam Menghadapi Berbagai Situasi Darurat

Plh Kakanwil Kemenkumham Sulut: Implementasikan Kesiapsiagaan dan Kemampuan Kita dalam Menghadapi Berbagai Situasi Darurat

08 Mei 2024, 13:59
Bangkapost - Plh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara John Batara membuka kegiatan sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana alam oleh Basarnas Provinsi Sulut dan pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran oleh pemadam kebakaran Kota Tomohon yang digagas oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tomohon, Rabu (8/5).

Kegiatan yang berlangsung di aula LPKA tersebut diawali laporan Kepala LPKA Tomohon Heri Sulistyo. Heri mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dengan tujuan memberi perlindungan dan keselamatan bagi pegawai dan anak binaan. "Terimakasih kepada tim Basarnas Sulut dan Damkar Kota Tomohon yang akan memberikan sosialisasi mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat terjadi bencana serta memberi pemahaman dan dilanjutkan dengan simulasi evakuasi dan pengamanan anak binaan beserta petugas," ucapnya.

Plh. Kakanwil dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah penting mengingat kompleksitas lingkungan yang dihadapi, yang sering kali memerlukan respons cepat dan efektif dalam menghadapi situasi darurat.

"Bencana alam seperti gempa bumi, banjir, atau tanah longsor, serta kebakaran, merupakan ancaman yang dapat mengancam keselamatan kita semua. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman yang mendalam dan persiapan yang matang dalam menghadapi kondisi-kondisi tersebut. Melalui acara ini, kita akan mempelajari langkah-langkah mitigasi yang harus diambil, strategi evakuasi yang efektif, serta koordinasi yang baik antara seluruh pihak terkait," ungkap John.

Dia juga berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti dengan penuh perhatian setiap materi yang akan disampaikan, serta berpartisipasi aktif dalam simulasi yang telah disiapkan. "Tujuan utama dari kegiatan ini bukan hanya sekedar pengetahuan, tetapi lebih kepada implementasi nyata dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan kita dalam menghadapi berbagai situasi darurat," sambungnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa penting untuk kita semua menyadari bahwa keamanan dan keselamatan bukanlah tanggung jawab satu pihak saja, melainkan merupakan tanggung jawab bersama. "Kita semua memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga keamanan lingkungan tempat kita berada," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plh.Kepala Divisi Pemasyarakatan, Plt. Kepala LPP Manado, Kepala Bagian Umum, perwakilan Kapolres Tomohon, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon, perwakilan Dan Ramil Tomohon, Tim narasumber dari Basarnas Provisi Sulawesi Utara dan Bidang Damkar Kota Tomohon serta pegawai dan anak binaan LPKA.

TerPopuler