Peringati HBP Ke-60, Jajaran Rupbasan Kupang Ikuti Upacara Tabur Bunga di TMP Dharma Loka

Peringati HBP Ke-60, Jajaran Rupbasan Kupang Ikuti Upacara Tabur Bunga di TMP Dharma Loka

25 April 2024, 18:46
Bangkapost - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, jajaran Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Kupang mengikuti Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Loka, Kamis (25/04). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT) dan turut diikuti seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kota Kupang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Maliki, mewakili Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, memimpin jalannya upacara sampai selesai.

Sebanyak 24 orang Petugas Rupbasan Kupang mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias, diantaranya, Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Pengamanan dan Pengelolaan (Pamlola), Rudy J. Nellu, Kasubsi Administrasi dan Pemeliharaan (Minhara), Imang Blegur, dan 22 orang Staf Pelaksana.

Dalam kesempatan ini, Kasubsi Minhara, Imang Blegur, mewakili Kepala Rupbasan (Karupbasan) Kupang, Sahid Andriyanto Arief, menyampaikan bahwa momen Upacara Tabur Bunga merupakan momen yang sangat berharga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur untuk bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Momen ini harus dinikmati dan dihargai sebagai langkah menuju Aparatur Sipil Negara yang selalu memberikan dedikasi dan pengabdian untuk berakhlak dan bangga melayani bangsa sesuai dengan core values dan employer branding ASN," ujar Imang.

Sebelumnya, Kadivpas Kanwil Kemenkumham NTT, Maliki, dalam upacara menyampaikan amanatnya kepada seluruh peserta upacara. Ia menekankan pentingnya seluruh jajaran di lingkup Kanwil Kemenkumham NTT untuk dapat menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan bangsa dan NKRI.

"Perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita harus bisa menjadi semangat bagi kita dalam memberi kinerja yang terbaik bagi bangsa dan negara," ungkap Maliki.

Maliki berharap agar seluruh peserta upacara yang adalah pegawai di lingkup Kanwil Kemenkumham NTT, dapat memiliki jiwa nasionalisme dan semangat patriotisme dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan ini diakhiri dengan peletakan karangan bunga oleh Kadivpas dan tabur bunga oleh seluruh peserta upacara. 

- Rupbasan Kupang 

TerPopuler