Monev Survei SPKP dan SPAK Wujudkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Rutan Palu

Monev Survei SPKP dan SPAK Wujudkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Rutan Palu

05 April 2024, 08:52
Bangkapost – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu terima kunjungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) guna pelaksanaan Monitoring Evaluasi (Monev) Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) dan Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK), Kamis (4/4).

Bertempat di Ruang Kerja Pengelolaan, Tim Monev Kanwil Kemenkumham Sulteng, dalam hal ini Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian, Dan Pengembangan Hukum Dan HAM, Fitriana Anas berserta anggota disambut oleh Kepala Subseksi Pengelolaan, Radotman Sinaga.

Lebih lanjut, Tim Monev melaksanakan verifikasi terkait nilai SPKP dan SPAK yang didapat Rutan Palu serta banyaknya jumlah responden di Triwulan I Tahun 2024. Pada kesempatan ini juga membahas terkait kendala yg dialami dalam memenuhi responden dan memberikan saran serta masukan terkait masalah tersebut.

“Hasil survei SPKP dan SPAK merupakan salah satu upaya untuk mengetahui kepuasan masyarakat terkait pelayanan yang diberikan. Tentu hasilnya harus maksimal, mengingat hasil ini juga menjadi salah satu data dukung penilaian Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM,” jelas Fitriana.

“Pembangunan ZI tertuju pada dua sasaran utama, yaitu terwujudnya pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta kualitas pelayanan publik yang prima. Pencapaian sasaran tersebut diukur melalui komponen pengungkit terhadap 6 sasaran area perubahan dan komponen hasil melalui Survei SPKP dan SPAK,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Radotman Sinaga menuturkan bahwa hasil survei SPKP dan SPAK Rutan Palu pada Triwulan I Tahun 2024 yaitu pada bulan Januari, Februari dan Maret mendapatkan nilai sangat baik.

“Hasil survei ini akan menjadi bahan evaluasi dan tindak lanjut kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang berdampak guna meningkatkan kepuasan masyarakat dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal di Triwulan selanjutnya,” ujar Sinaga. 

- Rutan Palu

TerPopuler