HBP Ke-60 : Bersinergi Dengan Dinkes Kota Palu, Rutan Palu Gelar Penyuluhan PHBS Bagi Warga Binaan

HBP Ke-60 : Bersinergi Dengan Dinkes Kota Palu, Rutan Palu Gelar Penyuluhan PHBS Bagi Warga Binaan

17 April 2024, 11:47
Bangkapost - Berperan aktif mewujudkan kesehatan yang optimal sesuai hidup sehat baik fisik dan mental, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu gelar penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi warga binaan dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Rabu (17/4).

Bertempat di Aula Pogombo Rutan, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan Kanwil Kemenkumham Sulteng, M Nur Amin, Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan, Dan Rehabilitasi, Imelda, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan (Kasubsi Yantah), Herdi, Perawat Klinik Rutan Sehat dan Narasumber dari Dinkes Kota Palu, Evalyn To’edje.

Dalam materinya, Evalyn mengatakan bahwa PHBS adalah gaya hidup yang mengutamakan kebersihan tubuh maupun lingkungan sekitar. PHBS adalah perilaku yang perlu dibiasakan dalam aktivitas sehari-hari agar kualitas hidup dan kesehatan lebih terjaga.

“Pola hidup bersih dan sehat dapat membantu meningkatkan kualitas hidup sehingga tidak gampang sakit. Ini bisa dimulai dari langkah kecil seperti makan makanan sehat, olahraga, dan melakukan bersih-bersih lingkungan sekitar,” ucap Evalyn.

Pada kesempatan ini, Kasubsi Yantah, Herdi menuturkan bahwa kesehatan warga binaan menjadi perhatian khusus kami di Rutan Palu. “Penyuluhan kesehatan bagi warga binaan rutin kami gelar, ini merupakan langkah deteksi dini dalam menjaga kesehatan dan memberikan pengetahuan bagi warga bianaan,” ujar Herdi.

Ditempat berbeda, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar ungkapkan bahwa kesehatan merupakan hak dasar seluruh warga binaan yang wajib dipenuhi secara optimal.

“Kolaborasi ini sebagai komitmen kami dalam memenuhi hak warga binaan dan memastikan mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal. Jika mereka sehat, tentunya akan dapat mengikuti perogram pembinaan dengan baik,” tutur Hermansyah. 

- Rutan Palu

TerPopuler