Hari Pertama Lebaran, Pengunjung Padati Layanan Lapas Narkotika Karang Intan

Hari Pertama Lebaran, Pengunjung Padati Layanan Lapas Narkotika Karang Intan

11 April 2024, 00:27

Bangkapost – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan membuka layanan kunjungan lebaran sejak hari pertama Idulfitri 1445 Hijriah, Rabu (10/4). Kesempatan tersebut dimanfaatkan antusias oleh keluarga Warga Binaan untuk bisa bertemu dan bersilaturahmi berkumpul dengan keluarga terdekat di momen hari kemenangan.

 

“Lapas Narkotika Karang Intan memfasilitasi layanan kunjungan lebaran sejak hari pertama, kita ingin warga binaan bisa menikmati momen hari kemenangan Idulfitri bersama orang-orang terdekat. Hal tersebut penting agar mereka merasa dicintai oleh orang terdekat, sehingga muncul semangat untuk menjadi lebih baik, mengikuti pembinaan dengan sungguh-sungguh, agar dapat segera berkumpul dengan keluarga,” ujar Kepala Lapas, Wahyu Susetyo.

 

Dirinya menambahkan, layanan lebaran selain dimanfaatkan untuk bermaafan dan mempererat hubungan baik dengan keluarga, juga dimanfaatkan untuk saling berbagi cerita dan kebahagiaan selama terpisahnya jarak dan waktu yang terjadi selama ini.

 

“Keluarga menjadi sumber kekuatan utama untuk warga binaan mampu menjalani hari-hari dengan positif selama berada di Lapas. Mendapatkan dukungan, motivasi dan rasa dimiliki tentu sangat baik untuk suksesnya reintegrasi sosial yang dijalani warga binaan agar siap kembali ke masyarakat setelah menjalani pembinaan di Lapas,” tambahnya.

 

Meski pengunjung membeludak sejak hari pertama lebaran, namun Wahyu Susetyo menegaskan, dirinya dan jajaran telah mengantisipasi pelaksanaan layanan berlangsung aman dan kondusif dengan menyiagakan para petugas Lapas Narkotika Karang Intan dan bersinergi untuk bantuan pengamanan dengan aparat TNI dan Polri dari Karang Intan.

 

Layanan kunjungan lebaran dibuka pukul 09.00 – 12.00 WITA untuk sesi pertama, kemudian pukul 13.30 – 16.00 WITA untuk sesi kedua. Hingga penutupan layanan hari pertama, tercatat 301 pengunjung memasuki Lapas Narkotika Karang Intan untuk bertemu dengan 107 warga binaan.

 

Salah seorang pengunjung, Winda, mengaku dirinya sengaja datang dari luar kota untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga di momen hari kemenangan ini. “Saya datang dari Batulicin, memang ingin merayakan lebaran hari pertama di sini, bersama anak saya,” ungkapnya.

 

Hal positif juga diungkapkan salah seorang warga binaan, Rakhmadi, yang menyampaikan rasa syukur atas layanan lebaran yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan.  "Terharu bisa bertemu dengan keluarga di hari yang fitri ini. Momen seperti ini sangat berarti bagi kami, bisa bertemu dengan orang-orang yang kami sayang dan bisa merasakan berlebaran berkumpul dengan keluarga,” ungkapnya, singkat.


- Lapas Narkotika Karang Intan

TerPopuler