Dipenghujung Ramadhan, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Berbagi Kebahagiaan di Lapas Palu

Dipenghujung Ramadhan, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Berbagi Kebahagiaan di Lapas Palu

07 April 2024, 16:38
Bangkapost – Di penghujung bulan Ramadhan 1445 Hijriah, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, melaksanakan Safari Ramadhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu, Sabtu (6/4).

Kegiatan ini diawali dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada para warga binaan berupa paket pembinaan keagamaan. Kakanwil Kemenkumham Sulteng didampingi Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Ricky Dwi Biantoro, Kadiv Administrasi Raymond JH. Takasenseran beserta pejabat administrator dan Kepala Lapas Palu, Gunawan serta para Kepala UPT Se-Kota Palu juga berkesempatan untuk berdialog dengan para warga binaan dan mendengarkan keluh kesah mereka.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menyampaikan bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan agenda rutin tahunan Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam rangka menjalin silaturahmi dan meningkatkan keimanan di bulan suci Ramadhan.

“Kami ingin berbagi kebahagiaan dengan para warga binaan di bulan Ramadhan ini. Kami juga ingin memberikan motivasi kepada mereka agar tetap semangat dalam menjalani hidup dan kembali ke jalan yang benar setelah bebas nanti,” ujar Hermansyah Siregar.

Lebih lanjut, Hermansyah juga mengatakan bahwa Lapas Palu telah banyak melakukan pembinaan terhadap para warga binaan, seperti program pembinaan kepribadian, program pembinaan kemandirian, dan program pembinaan keagamaan.

“Kami berharap para warga binaan dapat memanfaatkan program-program pembinaan ini dengan sebaik-baiknya agar mereka dapat menjadi pribadi yang lebih baik setelah bebas nanti, apalagi ruang produksi cemilan telah resmi kita buka, ini menjadi motivasi untuk kita berbuat lebih baik lagi untuk pembinaan disini,” tuturnya.

Kegiatan Safari Ramadhan ini juga diisi dengan tausiyah agama oleh Ustadz Adrian. Dalam tausiyahnya, ia menyampaikan tentang pentingnya menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta pentingnya toleransi di bulan Ramadhan.

Kegiatan Safari Ramadhan ini bertambah istimewa dengan kehadiran puluhan anak yatim piatu dari Panti Asuhan As-Shabur, Kakanwil turut memberikan santunan dan bingkisan Ramadhan, ia berharap agar dapat bermanfaat.

Kegiatan diakhiri dengan buka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 

TerPopuler