Sambut HBP ke-60, Rutan Palu Gelar Lomba MTQ dan Dakwah Warga Binaan di Bulan Ramadhan

Sambut HBP ke-60, Rutan Palu Gelar Lomba MTQ dan Dakwah Warga Binaan di Bulan Ramadhan

16 Maret 2024, 10:31
Bangkapost - Menjelang peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke 60 serta memeriahkan bulan suci Ramadhan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu menggelar Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Dakwah Warga Binaan, Jum'at (15/3).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para warga binaan muslim untuk mengasah kemampuan dalam ilmu agama dan pembinaan spiritual. Lomba tersebut pun dilaksanakan di Masjid At-Taubah Rutan Palu yang dihadiri oleh dua orang petugas dan satu orang perwakilan Kemenag sebagai dewan juri.

Lomba tersebut terdiri dari dua kategori yakni Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Ceramah Dakwah. Masing-masing warga binaan yang menjadi peserta harus menampilkan materi dakwah yang telah disusun sendiri tanpa bantuan dari petugas atau pun warga binaan lainnya.

Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Herdi, menyampaikan kegiatan ini menjadi bentuk program positif yang disediakan untuk warga binaan di bulan suci Ramadhan sebagai komitmen melaksanakan pembinaan dan bimbingan.

"Menyambut dan memperingati HBP yang ke-60 kalinya kegiatan ini kami harapkan dapat memacu perubahan dan motivasi pada diri warga binaan dan menjadi semangat untuk para petugas dalam menjalankan fungsi pemasyarkatan," terang Herdi.

Lebih lanjut, warga binaan lainnya yang tidak menjadi peserta dalam kegiatan ini juga turut aktif mendengarkan ceramah dan lantunan tilawah yang dibawakan peserta untuk mempelajari dan meningkatkan pemahaman agama mereka. 

- Rutan Palu

TerPopuler