Dirwatkes Rehab Elly Yuzar Buka Program Rehabilitasi Sosial dan Saksikan Penandatanganan PKS, Pemberian Sertifikat Halal MUI dan Sertifikat Tata Boga Lapas Samarinda

Dirwatkes Rehab Elly Yuzar Buka Program Rehabilitasi Sosial dan Saksikan Penandatanganan PKS, Pemberian Sertifikat Halal MUI dan Sertifikat Tata Boga Lapas Samarinda

08 Maret 2024, 14:52
Bangkapost - Lapas Kelas IIA Samarinda pimpinan Kalapas Hudi Ismono menggelar kegiatan pembukaan Rehabilitasi Sosial Warga Binaan Pemasyarakatan, Penandatanganan PKS dengan instansi terkait, Pemberian Sertifikat Halal MUI dan Sertifikat Tata Boga pada Jumat (8/3/2024) di Lapas Kelas IIA Samarinda Jalan Jenderal Sudirman, Samarinda.

Kegiatan dibuka dan disaksikan langsung oleh Dirwatkes Rehab Elly Yuzar.

Turut hadir Walikota Samarinda yang diwakili oleh Asisten I, Ridwan Tasa, Kakanwil Gun Gun Gunawan, Kadivpas Heri Azhari, instansi dan stakeholder terkait serta Ka.UPT dan jajaran Kanwil Kemenkumham Kaltim.

Kalapas Samarinda Hudi Ismono mengungkapkan, dengan adanya pembukaan rehabilitasi sosial warga binaan ini bertujuan agar warga binaan tidak berbuat kriminal kembali, dan dapat diterima oleh masyarakat ketika sudah keluar dari Lapas Samarinda.

“Dengan adanya program ini tentu memerlukan support dari pihak terkait. Dengan adanya sistem pemasyarakatan guna memberikan jaminan perlindungan terhadap hak tahanan dan anak,” ungkap Hudi.

Dengan dibentuknya beberapa program, diharapkan narapidana nantinya taat terhadap hukum, aktif dalam berperan untuk pembangunan, dan tidak pengulangan tindak pidana yang berulang.

“Kami berupaya memberikan pembinaan, perawatan, setelah mereka menyelesaikan masa pidananya,” ujarnya.

Dalam rehabilitasi, ditargetkan dalam enam bulan dan 60 orang warga binaan. Mereka juga akan melaksanakan program kemandirian vokasi bersertifikat.

Diharapkan dengan giat ini dapat meningkatkan pembinaan terhadap warga binaan serta memperkuat sinergi antar UPT di jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim sesuai arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltim Gun Gun Gunawan dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Heri Azhari.

- Lapas Samarinda

TerPopuler