Deteksi Dini Penularan HIV dan Siphilis, Rutan Palu lakukan Screening VCT Mobile

Deteksi Dini Penularan HIV dan Siphilis, Rutan Palu lakukan Screening VCT Mobile

01 Maret 2024, 10:51
Bangkapost - Salah satu upaya dalam rangka deteksi dini dan pencegahan penularan penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Lakukan pemeriksaan Voluntary Counselling and Testing (VCT) Mobile Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Siphilis bagi warga binaan. Kamis, (29/2)

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Pemerintah yaitu Three Zero yang mencakup tidak ditemukan kasus baru, tidak ada diskriminasi, dan tidak ada kematian yang disebabkan oleh virus HIV/AIDS. Dalam Kegiatan ini Perawat Rutan Bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kota, Puskesmas Birobuli dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Palu.

Bertempat di Aula Pogombo Rutan Palu, sebanyak sembilan puluh enam (96) orang warga binaan menjalani screening pemeriksaan. Sebelum dilakukan pengambilan sampel darah, terlebih dahulu warga binaan di lakukan pengecekan data diri.

Kepala Rutan, Yansen mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada semua instansi kesehatan terkait yang sudah bersama-sama melakukan kegiatan pemeriksaan HIV/AIDS ini. “Kegiatan ini sudah rutin kami lakukan setiap tiga bulan Kami bekerja sama dengan instansi kesehatan untuk dapat mendeteksi dan mencegah terjadinya penularan virus HIV/AIDS dan Penyakit Menular Seksual di kalangan Warga Binaan," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, bahwa Pemeriksaan VCT ini sangat berguna bagi warga binaan, karena merupakan salah satu dari tiga Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basics pemasyarakatan dengan aspek melakukan deteksi dini terhadap penyakit menular bagi warga binaan. Hermansyah juga berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi warga binaan saat berada di Rutan maupun ketika bebas nanti. 

Pada kesempatan ini, tim dari divisi pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng yaitu Kepala Subbidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Idris Pirade bersama Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Imelda turun langsung melakukan pengawasan kegiatan yang berlangsung. 

- Rutan Palu

TerPopuler