Buah Positif Pembinaan, Warga Binaan Rutan Palu Wakili Kanwil Kemenkumham Sulteng di Lomba MTQ Pemasyarakatan Tingkat Nasional

Buah Positif Pembinaan, Warga Binaan Rutan Palu Wakili Kanwil Kemenkumham Sulteng di Lomba MTQ Pemasyarakatan Tingkat Nasional

18 Maret 2024, 10:49
Bangkapost - Proses Pembinaan yang dilakukan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu kini tengah membuahkan hasil yang gemilang, dimana salah satu warga binaanya terpilih mewakili Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah untuk mengikuti lomba Musabaqoh Tliwatil Qur'an (MTQ) Pemasyarakatan pada tingkat nasional tahun 2024, Senin (18/3).

Hal membanggakan tersebut diketahui saat pegelaran Safari Ramadhan 1445H yang diadakan di Rutan Palu pada Sabtu, 16 Maret 2024 silam di Aula Pogombo Rutan Palu. Dalam kesempatan tersebut, (Z), warga binaan yang dimaksud menunjukkan bakat dan kemampuannya melantunkan ayat suci Al-Qur'an dengan suara yang merdu dan Indah.

Lantunan ayat suci itu pun sontak menuai decak kagum dari para tamu udangan serta para petugas, atas kemampuannya tersebut, Z dipilih oleh jajaran Rutan Palu untuk mengikuti Lomba MTQ tersebut dan mewakili Kanwil Kemenkumham Sulteng.

"Ini menjadi prestasi yang patut kita banggakan dari warga binaan kita, yang mana artinya pembinaan yang lakukan kini membuahkan hasil bagi perkembangan bakat warga binaan," tutur Yansen, Kepala Rutan Palu.

Sementera itu, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar yang saat itu menyaksikan langsung juga turut mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi (Z). Ia berharap agar apa yang dilakukan olehnya dapat diikuti oleh para warga binaan lainnya di Sulteng.

“(Z) adalah contoh napi yang tekun belajar dan berbenah diri selama menjalani masa hukuman. Kami harap keikutsertaannya di MTQ Pemasyarakatan ini dapat menjadi motivasi bagi warga binaan lain untuk meningkatkan kualitas diri,” tuturnya. 

- Rutan Palu

TerPopuler