Pemeriksaan Kesehatan Rutin, Rutan Palu Pastikan Seluruh Warga Binaan di Rawat dengan Baik

Pemeriksaan Kesehatan Rutin, Rutan Palu Pastikan Seluruh Warga Binaan di Rawat dengan Baik

24 Februari 2024, 11:56
Bangkapost – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin bagi seluruh warga binaan yang dilaksanakan secara kolaboratif bersama Puskesmas Birobuli Kota Palu, Sabtu (24/2).

Pemeriksaan rutin yang berkolaborasi dengan puskesmas Birobuli ini merupakan wujud kepedulian Rutan Palu terhadap kesehatan warga binaan. ”semua warga binaan memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan berkualitas, untuk itu kami akan terus memberikan pelayanan yang terbaik" ungkap Herdi, Kepala Subseksi Pelayanan.
Sementara itu bertempat di Klinik Rutan Sehat, sebanyak 18 (Delapan Belas) orang warga binaan datang untuk mengontrol kesehatan mereka kepada dr. Rey Rhazaki dan Perawat Rutan Palu yang berkolaborasi dalam pemeriksaan kesehatan warga binaan.

“Hari ini cukup beragam keluhan dari masing-masing warga binaan, seperti batuk, pilek dan demam yang disebabkan oleh perubahan cuaca dalam beberapa hari terakhir, juga kami lakukan beberapa tindakan medis berupa perawatan luka kepada warga binaan yang memiliki luka bisul di Pelipis dan kaki,” Ungkap Rey.

Salah satu warga binaan, inisial DN, menyatakan dirinya merasa terbantu karena adanya pelayanan kesehatan tersebut. “Saya sangat bersyukur atas pemeriksaan rutin yang digelar oleh Rutan Palu, dikarenakan cuaca yang berubah-ubah belakangan ini saya menjadi khawatir akan kondisi kesehatan saya. Dengan adanya pemeriksaan ini, saya merasa sangat terbantu,” ungkap DN.

Kepala Rutan Palu, Yansen, menyampaikan bahwa pentingnya dilakukan pemeriksaan kesehatan ini agar kesehatan warga binaan tetap terkontrol dan sebagai bentuk kepedulian Rutan Palu terhadap kondisi kesehatan warga binaan. Kegiatan ini menjadi komitmen Rutan Palu untuk selalu memastikan semua warga binaan memiliki kesehatan yang baik agar dapat menjalani proses hukum dengan lancar.

Diketahui Rutan Palu bahwa lingkup Kanwil Kemenkumham Sulteng yang di pimpin oleh Hermansyah Siregar selaku Kakanwil terus bekerja keras memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat termasuk warga binaan khusunya di bidang kesehatan.

"Setiap Unit Pelaksana Teknis Kami baik Pemasyarakatan ataupun Imigrasi selalu berorientasi kepada pelayanan ke masyarakat yang prima bersih jujur dan adil, untuk penegakan hukum yang baik di masyarakat tersebut," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar. 

- Rutan Palu

TerPopuler