H-1, Kalapas Samarinda Hudi Ismono Tinjau Langsung Persiapan Pemilu 2024 Lokasi Khusus di Lapas Samarinda

H-1, Kalapas Samarinda Hudi Ismono Tinjau Langsung Persiapan Pemilu 2024 Lokasi Khusus di Lapas Samarinda

13 Februari 2024, 11:13
Bangkapost - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Samarinda pimpinan Kalapas Hudi Ismono melakukan serangkaian persiapan jelang pencoblosan pada 14 Februari 2024 besok.

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sedang menjalani masa pemidanaan di Lapas Kelas II A Samarinda akan mendapatkan hak pilihnya.

Kalapas Kelas II A Samarinda, Hudi Ismono mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menyukseskan Pemilu 2024 agar berjalan aman dan tertib. Ia berpesan kepada seluruh jajaran petugas Lapas Samarinda yang bertugas sebagai anggota KPPS untuk dapat mempersiapkan dengan sebaik mungkin dan tetap bersikap Netral dalam Pemilu.

"Kita persiapkan sebaik mungkin dan jangan lupa deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, bersinergi dengan Aparat penegak hukum dan pihak terkait," kata Hudi, Selasa (13/2/2024).

Menyalurkan hak pilih dalam Pemilu 2024, terang Hudi merupakan hak dari setiap warga negara termasuk bagi warga binaan sekalipun. Oleh sebab itu, ia menekankan agar setiap warga binaan dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilu nanti sepanjang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Oleh sebabnya Lapas Samarinda terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar dapat memaksimalkan hak pilih warga binaan. Dimulai dari melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Kota samarinda terkait Nomor Induk Kependudukan setiap WBP, berkoordinasi dengan KPU Kota Samarinda terkait Daftar Pemilih potensial warga binaan yang aktif sampai dengan 14 Februari 2024.

TPS di Lapas Samarinda berjumlah sebanyak 3 TPS dan merupakan TPS Lokasi Khusus (Loksus) sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2022.

Adapun Petugas KPPS di Loksus ini seluruhnya merupakan Petugas Lapas Samarinda yang sudah dilantik oleh PPS Kelurahan Bugis dan telah melaksanakan Bimbingan Teknis terkait Tata Cara Pelaksanaan Pemilu bagi seluruh petugas KPPS Loksus di Lapas Samarinda.

Selain persiapan daftar pemilih, Lapas Samarinda juga telah mengundang KPU Kota Samarinda untuk memberikan Sosialisasi terkait Tata cara pemungutan suara kepada warga binaan. Diharapkan nantinya WBP tidak salah dalam melakukan pencoblosan surat suara sehingga meminimalisir surat suara yang tidak sah atau batal.

"Kita juga berkoordinasi dengan TNI/POLRI untuk bantuan pengamanan pelaksanaan pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 untuk mensukseskan pemilu yang damai dan menjaga keamanan Lapas tetap kondusif," pungkasnya.

Hal ini sesuai dengan arahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim Gun Gun Gunawan dan Kadivpas Kemenkumham Kaltim Heri Azhari kepada seluruh unit pelaksana teknis untuk terus meningkatkan pelayanan semakin baik.

- Lapas Samarinda

TerPopuler